5 Bintang U-20 yang Dapat Menjadi Megabintang Timnas Serbia di Piala Dunia 2018

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 20 Februari 2018
5 Bintang U-20 yang Dapat Menjadi Megabintang Timnas Serbia di Piala Dunia 2018
Timnas Serbia U20 saat menjuarai Piala Dunia U20 2015 (Phil Walter - Getty Images)

BolaSkor.com - Tiga tahun lalu, Timnas Serbia U20 asuhan Veljko Paunovic mengukir sejarah dengan menjuarai Piala Dunia U20 yang berlangsung di Selandia Baru. Titel itu merupakan titel kedua yang diraih Serbia U20, setelah sebelumnya diraih pada tahun 1987.

Kala menjuarai Piala Dunia U20 di tahun 1987, Serbia masih bersatu dengan negara lainnya di bawah bendera Yugoslavia. Mereka sukses menjadi yang terbaik bersama salah satu generasi legendaris yang terdiri dari: Zvonimir Boban, Predrag Mijatovic, Davor Suker, dan Robert Prosinecki.

Nama-nama top itu kemudian membela timnas senior dan dikenal sebagai pemain legendaris untuk Yugoslavia - serta Kroasia. Kini, euforia serupa juga diharapkan terjadi oleh publik Serbia kepada tim besutan Mladen Krstajic. Kendati Serbia dan Kroasia dua negara yang berbeda, namun mereka sama-sama memiliki pemain yang dapat diandalkan.

Serbia pun demikian. Mereka bisa berharap banyak dari darah-darah muda bertalenta yang membawa Serbia U20 juara Piala Dunia, mengombinasikan mereka dengan pemain berpengalaman (senior), untuk membawa Serbia -setidaknya- melaju jauh di Piala Dunia 2018.

"Semuanya masih membicarakan tim Yugoslavia yang menang di Cile, dan kita semua tahu betapa terkenalnya mereka. Saya pikir generasi kami juga bisa jadi generasi yang spesial," ucap Milos Veljkovic, bek yang membawa Serbia U20 juara Piala Dunia.

Serbia berada di grup E bersama Swiss, Kosta Rika, dan juara Piala Dunia lima kali, Brasil. The Eagles bisa menjadi kejutan di Piala Dunia 2018, apabila lima bintang muda di bawah ini, dapat memperlihatkan talenta besar yang dimilikinya.

1. Sergej Milinkovic-Savic

Tinggi, besar, kuat, hebat kala melakukan tekel, tenang saat mengontrol bola, dan cukup tajam mencetak gol. Secara teoritis, Milinkovic-Savic memiliki kemampuan lengkap, mengingat posisinya adalah gelandang tengah. Pada Piala Dunia U20 2015, Milinkovic-Savic menerima penghargaan Sepatu Perak.

Permainannya semakin berkembang semenjak dibeli Lazio dari Genk di tahun 2015. Saat ini, Milinkovic-Savic merupakan pemain andalan Simone Inzaghi di lini tengah Lazio. Baru berusia 22 tahun, Milinkovic-Savic memiliki masa depan cerah, dan saat ini menjadi komoditas panas karena ditaksir oleh Manchester United, Liverpool, Juventus, dan Paris Saint-Germain (PSG).

2. Andrija Zivkovic

Gol tendangan bebas Zivkovic di Piala Dunia U20 2015 dipilih menjadi gol terbaik turnamen. Ia juga alumni Serbia U20 dengan posisi bermainnya sebagai penyerang sayap. Laiknya winger lainnya, Zivkovic juga memiliki kaki yang lincah dan akselesari yang cepat

Zivkovic tercatat sebagai kapten termuda dalam sejarah sepak bola Partizan Belgrade, serta pemain termuda yang membela timnas di usia 17 tahun. Saat ini, di usianya yang baru berumur 21 tahun, Zivkovic tengah mengembangkan permainannya di Benfica. Kendati permainannya belum sepenuhnya matang, Zivkovic bisa menjadi senjata rahasia Serbia di Piala Dunia 2018 nanti.

3. Marco Grujic

Pemain yang satu ini memang mengalami kesulitan menembus tim utama Liverpool, sehingga klub meminjamkannya ke Cardiff City. Namun, talenta yang dimiliki Grujic terlalu sayang untuk dilewatkan Timnas Serbia.

Dengan tubuhnya yang besar, ketenangannya mengontrol bola, dan tipikal bermain box to box - dapat membantu tim bertahan, juga menyerang. Grujic bisa belajar banyak dari mentor seperti Nemanja Matic di Piala Dunia 2018 nanti. Bahkan, mungkin saja Grujic menjadi andalan lini tengah, menggantikan Matic.

4. Milos Veljkovic

Serbia memiliki banyak bek tangguh, termasuk satu di antaranya yang telah pensiun adalah Nemanja Vidic. Saat ini, ada kapten tim berusia 33 tahun, Branislav Ivanovic, dan Jagos Vukovic yang biasa bermain sebagai bek tengah.

Tapi, Krstajic mulai meregenerasi lini belakang Serbia dengan memainkan talenta muda. Veljkovic salah satunya. Bek tengah berusia 22 tahun tengah mendapatkan konsistensi bermain bersama Werder Bremen. Pelatihnya, Florian Kohfeldt, sangat senang dengan kemampuannya melepaskan operan. Mantan pemain Tottenham Hotspur bisa menjadi bek tangguh Serbia di Piala Dunia nanti.

5. Nemanja Maksimovic

Talenta lain yang dimiliki Serbia di lini tengah. Maksimovic pindah dari Astana tahun lalu dan bergabung dengan Valencia. Kendati belum bermain reguler di bawah asuhan Marcelino Garcia Toral, Maksimovic tidak luput dari pengamatan Krstajic.

Maksimovic pernah dimainkan bareng di Timnas Serbia bersama alumni U20 lainnya seperti Zivkovic, Grujic, dan Milinkovic-Savic, pada laga persahabatan melawan Korea Selatan. Bersama keempat pemain tersebut, Maksimovic bisa mewakiliki generasi masa depan Serbia.

Serbia Timnas serbia Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan