BolaSkor.com - Liverpool mencatat hasil spektakuler saat tandang ke markas FC Porto pada laga pertama babak 16 besar Liga Champions. The Reds menang telak 5-0 atas wakil Portugal tersebut.

Dalam laga ini, trisula Liverpool menjadi penyumbang gol, tiga di antaranya datang dari Sadio Mane. Selain Mane, catatan apik juga dibuat Mohamed Salah yang berhasil membuat gol ke-30 bersama Liverpool musim ini. Salah menjadi pemain pertama Liverpool yang mencapai 30 gol sejak Luis Suarez pada 2013-14.

Berikut lima fakta menarik usai Liverpool membantai FC Porto.

1. Liverpool menjadi klub ketiga setelah Bayern Munchen dan Real Madrid yang meraih kemenangan tandang terbesar di fase knock out Liga Champions. Bayern menang 5-0 di kandang Sporting CP pada Februari 2009 dan Real Madrid menang di markas Schalke pada Februari 2014.

2. Saat ini Liverpool menjadi klub paling banyak mencetak gol di Liga Champions musim ini dengan 28 gol.

3. Ini merupakan kekalahan kandang terbesar Porto di Eropa. Ini juga pertama kali Porto kebobolan lebih dari tiga gol di kandang pada laga Eropa.

4. Liverpool merupakan klub Inggris pertama yang membuat lima gol dalam sebuah laga tandang di fase knockout Liga Champions.

5. Sadio Mane merupakan pemain Liverpool keempat yang membuat hat-trick di laga Liga Champions bersama Michael Owen, Yossi Benayoun, dan Philippe Coutinho.