BolaSkor.com - Mantan bintang Barcelona dan AC Milan, Ronaldinho telah memutuskan pensiun dari hinggar binggar dunia sepak bola. Tahun 2018 ini, Ronaldinho yang sudah berusia 37 tahun merasa momen tepat untuk mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh pecintanya di seluruh dunia.

Ronaldinho selama masih aktif bermain dikenang sebagai salah satu pesepakbola terbaik sepanjang sejarah. berbagai klub besar Eropa pernah dibelanya seperti Paris Saint-Germain, Barcelona, dan AC Milan. Pun berbagai gelar bergengsi sudah pernah diraih baik tim maupun individu.

Berikut 5 fakta menarik seputar Ronaldinho dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pemain sepak bola yang punya nama besar umumnya membuat produk sendiri seperti sepatu, parfum, atau pakaian. Namun langkah kontroversial diambil Ronaldinho dengan meluncurkan produk alat kontrasepsi dengan namanya di Brasil. Bahkan alat kontrasepsi itu disertai foto dan tanda tangan Ronaldinho di kemasannya.

2. Pada masa puncaknya sebagai pemain sepak bola Ronaldinho banyak didaulat menjadi bintang utama dalam sebuah produk iklan. Tak terkecuali iklan Nike yang dibintangi Ronaldinho pada 2005 menjadi fenomena di YouTube setelah disaksikan lebih dari 1 juta kali.

3. Ronaldinho yang masuk dalam salah satu pesepakbola dengan gaji tertinggi di dunia pada zamannya bisa mudah menyalurkan hobinya dalam mengoleksi mobil-mobil berlabel mewah. Di garasinya terdapat mobil-mobil seperti Audi Q7, Hummer 2, dan Bugatti Veyron yang harganya mencapai US$ 1,8 juta (Rp24 miliar).

4. Ketika memutuskan meninggalkan Barcelona, Ronaldinho pernah mendapat tawaran serius dari dari Manchester United. Namun akhirnya Ronaldinho justru memilih untuk bergabung dengan AC Milan dan merasakan juara Serie A saat itu.

5. Ada kejadian cukup memilukan dialami Ronaldinho saat kontrak bernilai US$ 750 ribu atau senilai Rp7,2 miliar dengan Coca Cola diputus tiba-tiba pada Piala Dunia 2014. Pasalnya, Ronaldinho hadir dengan kaleng pepsi di depannya dan disebut meminumnya dalam sesi konferensi pers Atletico Miniero. Akibat hal itu, Coca Cola yang saat itu mendapuknya sebagai bintang iklan mengambil sikap untuk langsung memutus kontrak dengan Ronaldinho.

6. Pertarungan Barcelona melawan Real Madrid selalu bertensi tinggi dan panas karena persaingan kedua klub. Namun sambutan hangat pernah diterima Ronaldinho oleh publik dari Santiago Bernabeu pada 2005. Saat itu ia mencetak gol indah dan membawa Barca menang 3-0.