7 Tantangan Lionel Messi di 2018

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 02 Januari 2018
7 Tantangan Lionel Messi di 2018
Lionel Messi (zimbio)

BolaSkor.com - Catatan Lionel Messi sepanjang 2017 memang tak segemerlap Cristiano Ronaldo. Namun, Messi menutup tahun ini secara gemilang. Pada 2018 Messi bersama Barcelona masih harus membuktikan mereka masih menjadi salah satu klub besar dunia.

Di situs resmi klub, Barcelona memuat tujuh tantangan yang akan dihadapi Messi untuk 2018 ini.

1. 100 Gol Liga Champions

Messi sudah menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona di ajang antarklub Eropa. Messi tercatat mengemas 97 gol di Liga Champions dan tiga di Piala Super. Messi tinggal butuh membuat tiga gol lagi di Liga Champions untuk menembus 100.


2. Trofi Kelima Liga Champions

Bersama Gerard Pique dan Andres Iniesta, Messi sudah empat kali membawa Barca menjuarai Liga Champions, 2006 (Paris), 2009 (Roma), 2011 (London), dan 2015 (Berlin). Kemenangan di Kiev musim ini akan menjadikan ketiga pemain sebagai yang pertama dalam sejarah yang lima kali juara di era Liga Champions.


3. Rekor Kemenangan dalam Sepanjang Sejarah La Liga

Messi sudah mencatat 301 kemenangan dalam 399 penampilan di La Liga bersama Barcelona. Artinya Messi tertinggal 33 kemenangan dari rekot milik Iker Casillas. Jika Barca dan Messi bisa tampil konsisten sepanjang 2018, rekor ini diyakini akan bisa disamai, bahkan dilewati.


4. El Pichichi dan Sepatu Emas

Messi sudah empat kali menjadi El Pichichi alias pencetak gol terbanyak di La LIga. Tiap kali menjadi El Pichichi, Messi juga mendapat predikat pencetak gol tersubur di Eropa. Musim ini, Messi sudah melesat dengan 15 gol.


5. Menjebol Gawang Chelsea

Messi adalah mesin gol. Namun, percaya atau tidak dia belum pernah membuat gol ke gawang Chelsea. Padahal sepanjang kariernya dia sudah delapan kali berhadapan kontra Chelsea. Tak klub yang bisa sedemikian lama tak dibobol Messi. Musim ini Messi mendapat dua kali kesempatan ketika Barca menghadapi The Blues di babak 16 besar Liga Champions.


6. Pencetak Gol Terbanyak Big 5 Sepanjang Masa

Tantangan berikut bagi Messi adala menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di 5 liga besar Eropa, La Liga, Serie A, Premier League, Bundesliga, dan Ligue 1. Messi kini sudah mengemas 364 gol sepanjang karier di La Liga.

Messi butuh tiga lagi memecahkan rekor milik Jimmy Greaves yang mencatat 366 gol bersama Chelsea dan AC Milan (357 di Inggris dan 9 di Italia).


7. Mencetak Gol Kontra Girona

Ada satu tim di level atas kompetisi Spanyol yang belum pernah dibobol Messi. Klub itu adalah Girona, tim yang baru promosi ke La Liga musim ini. Messi masih memiliki sekali kesempatan lagi saat Girona berkunjung ke Camp Nou. Jika berhasil, Girona akan menjadi klub ke-36 di La Liga yang dibobol Messi. Catatan yang akan menyamai rekor milik legenda Real Madrid, Raul Gonzalez.

Lionel Messi Barcelona
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan