AFC Akan Tentukan Para Wakil Indonesia di Kompetisi Asia pada Akhir Bulan November

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 27 November 2017
AFC Akan Tentukan Para Wakil Indonesia di Kompetisi Asia pada Akhir Bulan November
Logo AFC. (AFC)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI sudah mengirimkan data lima klub yang memiliki lisensi AFC. PSSI mengirimkan data kelima klub tersebut sebagai bentuk laporan ke Konfederasi Sepak Bola Asia, AFC.

Kelima klub itu adalah Arema FC dan Persib Bandung yang memiliki lisensi AFC tanpa syarat, lalu Persija Jakarta, Madura United FC, dan Bali United FC memegang lisensi AFC dengan syarat. Artinya, ketiga klub itu harus menyelesaikan persyaratan penunjang kriteria level B sebelum tanggal 24 Januari 2018. Jika tidak diselesaikan sesuai waktu tersebut, maka lisensi AFC yang dimiliki ketiganya bisa dicabut oleh Komite Lisensi PSSI.

"Kami sudah berkirim surat, dan PSSI menyampaikan lima klub sudah kami setorkan namanya ke AFC, dan keputusan akhir ada di AFC itu sendiri," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Dengan begitu, PSSI juga sudah memberikan keterangan bahwa klub mana saja yang bakal mewakili Indonesia di kompetisi Asia. Keterangan klub mana saja yang bakal mewakili Indonesia di kompetisi Asia sesuai report klasemen akhir Liga 1 musim ini. Akan tetapi, yang memutuskan tentu saja AFC.

"Dengan rangking Liga 1, dan kita mengetahui bahwa normatifnya AFC akan melakukan verifikasi terhadap kelayakan klub-klub, salah satunya masalah lisensi. Tetapi, report tentang klasemen akhir kompetisi itu menjadi referensi kita (PSSI). Jadi urutannya sesuai dengan klasemen akhir Liga 1. AFC akan melakukan sidang pada 29 dan 30 November di Bangkok, Thailand, dan mudah-mudahan bisa kita ketahui semuanya. Setelah di sidang itu Komite Eksekutif AFC memutuskan," ungkap Joko Driyono.

Alhasil, jika melihat acuan klasemen akhir Liga 1, maka Bhayangkara FC akan mewakili Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia. Sebab, The Guardian menjadi juara Liga 1. Sementara itu, Bali United FC (runner-up) dan PSM Makassar (posisi ketiga) mewakili Indonesia di Piala AFC musim depan.

Namun, jika melihat acuan lisensi AFC sebagai syarat utama bermain di kompetisi Asia, Bali United FC bakal mewakili Indonesia di Kualifikasi Liga Champions Asia. Pasalnya, sang juara Liga 1, Bhayangkara FC gagal mempunyai lisensi AFC.

Persija Jakarta yang finis di urutan keempat akan mewakili Indonesia di Piala AFC. Persija didampingi Madura United FC yang finis di posisi kelima. Madura United mendapat jatah tersebut, lantaran PSM Makassar tidak memiliki lisensi AFC.

PSSI Joko driyono Afc
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.976

Bagikan