BolaSkor.com - Operator kompetisi profesional sepak bola di Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), menyarankan agar PSSI tidak menggunakan stadion-stadion klub Liga 1 digunakan untuk Piala AFF kelompok umur. LIB beralasan bahwa klub-klub bisa kesulitan untuk menentukan stadion yang menjadi markasnya, sehingga kompetisi Liga 1 bisa terganggu dengan jadwal semakin padat.

Indonesia akan menjadi tuan rumah event-event Piala AFF pada tahun 2018, yakni Piala AFF U-16 Wanita (Juni), Piala AFF Wanita (21 Juni-4 Juli), Piala AFF U-15 (29 Juli-1 Agustus), dan Piala AFF U-18 (2-14 Juli).

"Kita meminta PSSI tidak menggunakan stadion Liga 1 untuk Piala AFF kelompok umur (U-18 dan U-15). Kalau itu dilakukan jadwal klub semakin padat," ucap COO PT LIB, Tigor Shalomboboy, Senin (12/2).

"Karena sudah beberapa klub tidak bisa menggunakan stadionnya untuk perhelatan Asian Games 2018. Kita menyarankan itu semua agar tidak ada kesulitan bagi klub Liga 1 berpindah-pindah kandang."

Di sisi lain, Tigor menambahkan bawah regulasi yang sudah diterima klub-klub Liga 1 sudah fix. Tidak ada perubahan ataupun toleransi terhadap regulasi yang telah ditetapkan.

"Regulasi yang sudah diterima klub itu pasti. Kita memang tidak mengirimkan draft. Itu sudah jadi, dan harus diterima klub," kata Tigor.

Regulasi Liga 1 di mana setiap klub hanya boleh memiliki empat pemain asing (3 pemain asing non-Asia, dan satu asing asal Asia) hingga harus mempunyai tujuh pemain U-23.