Analisis: 4 Faktor Penyebab Kekalahan MU di Tangan Huddersfield

Analisis: 4 Faktor Penyebab Kekalahan MU di Tangan Huddersfield

BolaSkor.com - Manchester United gagal mempertahankan catatan tak terkalahkan usai tunduk 1-2 di tangan klub promosi Huddersfield Town, Sabtu (21/10/17).

Hasil yang bersejarah bagi Huddersfield karena ini merupakan kemenangan pertama mereka atas MU dalam 65 tahun. Di lain pihak, kekalahan menjadi pukulan bagi MU yang saat ini tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Liga Premier, Manchester City.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan MU menelan hasil buruk di pekan kesembilan ini. Spirit bertanding menjadi salah satu yang menjadi sorotan sang manajer Jose Mourinho. Berikut empat faktor lain yang jadi penyebab kekalahan klub berjuluk Setan Merah.

1. Sikap (attidute) Pemain MU
Dua gol Huddersfield lahir dari dua kesalahan yang dilakukan pemain MU. Kesalahan pertama berawal dari umpan Ashley Young yang terlalu keras kepada Juan Mata. Buntutnya Mata terlalu mudah kehilangan bola setelah diganggu Aaron Mooy. Kesalahan kedua dibuat oleh Victor Lindelof yang salah mengantisipasi bola lambung umpan dari kiper Huddersfield.

Meski begitu, kesalahan individu dalam sebuah laga adalah wajar dan selalu terjadi. Yang menjadi masalah adalah sikap yang ditunjukkan pemain MU di atas lapangan. Mourinho bahkan mengatakan, sikap pemainnya tak bisa diterima dalam sebuah laga uji coba, padahal saat ini mereka tampil di laga Liga Premier. Para pemain seperti tanpa energi dan tak terlibat dalam permainan.

2. Penampilan Apik La Parra dan Ince
Rajiv van La Parra dan Tom Ince menjadi penampil terbaik bagi Huddersfield. La Parra yang masuk di menit ke-40 menggantikan Elias Kachunga yang cedera, bisa langsung panas dan tampil sempurna.

Duet La Parra dan Ince di dua sisi lapangan menjadi pembeda pada laga. Permainan kedua sayap ini membuat tuan rumah memberi napas bagi barisan pertahanan yang meladeni tekanan kuat MU.

Kerja keras kedua pemain ini dalam membantu pertahanan juga memaksa MU banyak mengalirkan serangan lewat jalur tengah yang mudah diantisipasi.

3. Lukaku Kehilangan Pogba
Di lini depan MU, Romelu Lukaku tampak jelas kehilangan pasokan bola yang sebelumnya didapat dari Paul Pogba. Sejak gelandang asal Prancis dibekap cedera, Lukaku memang seperti kehilangan ketajamannya.

Tanpa pasokan berarti dari kedua sayap, biasanya Lukaku akan mendapat pelayanan spesial dari Pogba. Saat ini, Lukaku tak mendapatkan itu. Dia jarang menerima umpan silang dari sayap, pun umpan terobosan dari tengah.

4. Pertahanan Solid Huddersfield
Jika pada laga sebelumnya MU memamerkan ketangguhan mereka dalam bertahan saat melawan Liverpool, kini mereka ada di posisi sebaliknya.

Barisan pertahanan Huddersfield yang ditukangi Tommy Smith, Christopher Schindler, Mathias Jorgenson, Chris Lowe pantas menerima pujian. Mereka dengan disiplin mengawal area di depan gawang.

Selain itu pujian juga harus diarahkan kepada Danny Williams dan Aaron Mooy yang tanpa lelah mengganggu pemain MU. Sedikit bekerjanya kiper meski terus mendapat serangan menjadi bukti kokohnya organisasi pertahanan yang dibangun Huddersfield.

Leave a Comment