BolaSkor.com - Meski mendominasi La Liga dan lolos ke 16 besar Liga Champions, Barcelona masih merasa perlu mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan Philippe Coutinho pada Januari ini.

Yang menarik dari kedatangan Coutinho di Barcelona adalah akan ditempatkan di mana pemain Brasil ini Ernesto Valverde. Sebelumnya Barcelona mengejar Coutinho pada awal musim sebagai pengisi empat yang ditinggalkan Neymar. Namun usaha Barca gagal dan mereka pun memilih Oesmane Dembele.

Skenario kemudian berubah ketika Dembele dihajar cedera yang memaksanya menepi setengah musim. Meski tanpa pengganti Neymar, Valverde tetap mampu membawa Barca dominan di La Liga dan Liga Champions.

Jadi di mana Coutinho akan dimainkan? Tak sedikit yang berpendapat Coutinho didatangkan sebagai penerus Andres Iniesta yang sudah memasuki ujung karier. Bisa jadi Coutinho akan memainkan peran Iniesta di La Liga mengingat pemain Brasil ini tak bisa ditampilkan di Liga Champions.

Paling tidak ada tiga pilihan yang bisa dilakukan Valverde dengan masuknya Coutinho.

Pilihan pertama bermain sebagai pemain tengah dalam pola 4-3-3.

Pilihan ini sejalan dengan anggapan Coutinho akan menjadi penerus Iniesta. Sedangkan sebagai trio penyerang akan dihuni Lionel Messi, Luis Suarez, dan Dembele.

Peran Iniesta di sisa musim ini akan banyak dibutuhkan di Liga Champions. Masuknya Coutinho, yang tak tampil di Liga Champions, akan meringankan beban Iniesta di La Liga. Namun, Coutinho bukan tipikal pemain yang bermain sebagai central midfielder.

Pilihan kedua menempatkan Coutinho di belakang dua tombak.

Valverde acap memakai pola 4-4-2 dengan variasi 4-3-1-2 pada musim ini. Dengan pola ini Valverde bisa menempatkan Coutinho di belakang dua penyerang, Messi dan Suarez. Sedangkan di belakang Coutinho akan ada Iniesta, Ivan Rakitic atau Paulinho, dan Sergio Busquets.

Namun dengan pilihan ini Barcelona akan kehilangn kekuatan di kedua sisi lapangan. Selain itu, Dembele akan kehilangan tempat. Rasanya akan sulit bagi pemain yang sudah dibeli mahal hanya untuk duduk di bangku cadangan.

Pilihan ketiga mengisi posisi Neymar pada pola 4-3-3.

Ini merupakan peran yang dimainkan Coutinho bersama Liverpool. Dengan kemampuan menggiring bola, berganti sisi, dan kemampuannya memotong ke dalam sebelum melakukan tembakan akan sangat berguna bagi Barca.

Namun, sekali lagi ini akan membuat Dembele tersingkir dari skuat utama. Pola ini juga bisa membuat Suarez yang tersingkir jika Valverde memilih memainkan Messi sebagai penyeranga tengah.

Yang pasti apapun opsi yang dipilih, kehadiran Coutinho akan mengganggu menit bermain pemain macam Aleix Vidal, Denis Suarez, Andre Gomes, dan Gerard Deulofeu. Ada kemungkinan para pemain itu akan bergabung dengan Arda Turan dan Javier Mascherano yang kabarnya akan meninggalkan Barca.