Analisis: Ketergantungan pada Messi, Barcelona Belum Merdeka

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 29 Oktober 2017
Analisis: Ketergantungan pada Messi, Barcelona Belum Merdeka
Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao, Minggu (29/10/17) WIB. (zimbio)

BolaSkor.com - Apa jadinya Barcelona tanpa Lionel Messi? Boleh jadi Barcelona tak akan secemerlang saat ini dengan meraih sembilan kemenangan tanpa kekalahan dalam 10 laga di La Liga.

Pada laga menghadapi Athletic Bilbao Minggu (29/10/17) WIB, Messi kembali menjadi pembeda. Messi yang menyumbang satu gol, seperti ada di semua jengkal lapangan menjadi motor kemenangan 2-0 Barcelona di San Mames.

Dengan cederanya Andres Iniesta, hengkangnya Neymar, dan belum tajamnya Luis Suarez, laga di San Mames sekali lagi menjadi panggung buat Messi. Hal ini nyaris menjadi tema tetap tiap kali Barca bermain.

Saat menghadapi Bilbao, Messi bahkan ikut menjalankan tugas pemain bertahan. Dan dari kemauan Messi mundur membantu serangan ini juga yang membuat Barcelona bisa membuat gol kedua lewat Paulinho.

Di negeri lain, Tottenham Hotspur menelan kekalahan saat tandang ke markas Machester United. Kekalahan yang makin menguatkan anggapan Tottenham sangat tergantung kepada Harry Kane yang tak tampil karena cedera.

Sementara itu Real Madrid mengalami kesulitan di awal musim. Banyak yang menghubungkan performa minor Los Blancos dengan absennya Cristiano Ronaldo yang terkena hukuman lima laga domestik.

Dengan kata lain, ketergantungan kepada pemain bintang sangat wajar. Namun, untuk Barcelona rasanya tak ada hubungannya dengan tingkat kewajaran. Hingga saat ini Barcelona memang belum diuji saat tanpa Messi, beda dengan Madrid.

"Tingkat ketergantungan Messi di Barcelona jauh lebih besar ketimbang Ronaldo di Madrid. Saat Messi tak mencetak gol, dia masih berkontribusi lewat assist atau menciptakan peluang," ujar Pablo Machin, pelatih Girona dikutip Goal.com.

Di San Mames, Messi memulai serangan dan membuka peluang untuk dirinya sendiri saat gol pertama. Messi juga menjadi kreator dari gol kedua Barcelona. Di San Mames, Messi adalah pengatur serang merangkap ujung tombak.

Di tengah panasnya berita soal kemerdekaan Catalunya, selama masih sangat bergantung kepada Messi, Barcelona belumlah merdeka.

Barcelona Lionel Messi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.076

Bagikan