Analisis: Kewaspadaan Man City dan Nasib Para Pesaing

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 14 Desember 2017
Analisis: Kewaspadaan Man City dan Nasib Para Pesaing

BolaSkor.com - Kemenangan demi kemenangan dicatatkan Manchester City. Menang besar 4-0 di kandang Swansea City pada pekan ke-17 memperpanjang catatan kemenangan beruntun The Citizens menjadi 15. Ini adalah rekor baru di Premier League.

Hasil sempurna bagi Pep Guardiola, manajer City yang selalu menuntut kesempurnaan alias perfeksionis. Sebelum melibas Swansea, City sukses menuai kemenangan penting saat tandang ke markas Manchester United, rival sekota sekaligus pesaing terdekat di lomba perebutan trofi Premier League.

Sebelum memenangi duel derby Manchester, tim asuhan City harus bekerja keras untuk memetik kemenangan dalam tiga laga sebelumnya melawan Huddersfield, Southampton, dan West Ham United. Ketiga laga tersebut dimenangkan sengan skor tipis 2-1 lewat gol di sepertiga terakhir pertandingan.

Rekor kemenangan beruntun dalam sejarah di liga teratas Inggris. (bbc)

Meski harus melakoni laga berat dan melawan tim yang sepertinya sudah mengantongi formula anti-City, hasil akhirnya selalu kemenangan buat David Silva dan kawan-kawan. City selalu bisa menemukan jalan keluar saat menemui kebuntuan. Bisa dikatakan, saat ini yang bisa mengganjal City adalah diri mereka sendiri.

"Itu tidak akan terjadi," ujar Guardiola kepada BBC tentang kemungkinan timnya hilang kewaspadaan dan fokus.

"Kami bisa kalah, kami bisa kehilangan poin. Tapi kami tak akan pernah lengah. Kemenangan beruntun 15 laga membuat kami lebih percaya diri," lanjut Guardiola.

Jika apa yang ditegaskan Guardiola benar terjadi dan City mampu menjaga fokus dan tidak lengah, para pesaing pun harus menerima nasib karena peluang mereka menjadi kampiun musim ini bisa dibilang sudah tertutup.

Sementara bagi Guardiola, jika sukses menjadi juara Premier League musim ini, arsitek asal Spanyol itu juga berhasil mematahkan mitos bahwa sepak bola yang mengangungkan penguasaan bola tak akan bisa berhasil di tanah Inggris.

Jika City Juara, Guardiola akan mengubah tren juara yang selama ini didominasi tim yang tidak mendominasi penguasaan bola. Guardiola kembali membuat pola permainan terapannya menjadi tren, seperti saat dia membawa Barcelona menguasai dunia lewat tiki-takanya. Trofi juara akan menjadi bukti bahwa "Barcelona Way" benar-benar bisa sukses di Inggris.

Premier League Manchester City Pep Guardiola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.100

Bagikan