Analisis: Luka Lukaku Bikin Setan Merah Terluka

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 12 Desember 2017
Analisis: Luka Lukaku Bikin Setan Merah Terluka
Ujung tombak Manchester United, Romelu Lukaku. (Zimbio)

BolaSkor.com - Performa Romelu Lukaku bersama Manchester United di awal musim cukup menjanjikan. Lukaku menunaikan tugasnya sebagai pencetak gol dengan baik. Namun, belakang keraguan mulai muncul. Lukaku kehilangan taji, khususnya saat melawan tim kuat. Lukaku seperti sedang terluka.

Pada derby Manchester kontra Manchester City, Lukaku seperti menghilang. Dia kesulitan di semua segi permainan, saat menyerang pun saat bertahan. Bahkan Lukaku membuang peluang yang seharusnya berbuah gol. Buruknya performa Lukaku pada derby seakan menguatkan anggapan Lukaku letoy tiap melawan tim besar.

Kegagalan Lukaku di depan gawang lawan diperparah dengan aksinya di hadapan gawangnya sendiri. Kedua gol City tak lepas dari kesalahan dari penyerang asal Belgia ini. Bisa dibilang derby kemarin adalah mimpi buruk buat Lukaku.

Namun, Lukaku tak sepenuhnya bisa disalahkan. Pola permainan yang diterapkan Jose Mourinho, terutama saat menghadapi tim besar, sama sekali tak membantu performa Lukaku. Selaku penyerang tunggal tanpa disokong suplai bola dari lini tengah membuatnya terisolasi. Jarang sekali Lukaku menyentuh bola. Dari data yang ada, Lukaku tercatat hanya bisa mengirimkan enam umpan.

Intinya, semua faktor sedang tai berpihak kepadanya. Namun, inilah yang menimbulkan kekhawatiran. Ssebagai pemain berstatus bintang, laga seperti derby Manchester sejatinya menjadi momen bagi Lukaku membuktikan diri sekaligus membungkam kritikan. Yang terjadi justru menguatkan kritikan yang ada.

Ada satu luka pada Lukaku yang menjadi sorotan. Penyerang berusia 24 tahun ini baru mencetak lima gol dari 40 laga Premier League melawan tim penghuni 6 besar klasemen. Saat masih memperkuat Everton, catatan minor itu masih bisa dianggap wajar karena membuat gol ke gawang tim kuat lebih sulit. Namun, musim ini Lukaku bermain untuk MU, tim yang ada di peringkat kedua klasemen, salah satu calon juara.

Tak pelak, fakta bahwa Lukaku mandul saat menghadapi lawan tangguh sepertinya mulai menghantuinya. Statistik tak membaik meski dia sudah bergabung dengan MU. Kini data statistik ini akan selalu diangkat tiap kali MU akan melawan tim papan atas. Tentu ini langsung atau tidak akan berpengaruh pada moral Lukaku. Untuk musim ini, Lukaku sudah menghadapi semua tim 6 besar dan belum satu kalipun membuat gol.

(Sky Sports)

Lukaku merupakan satu-satunya penyerang tim 6 besar yang belum menjebol klub 6 besar. Sebagai pembanding, penyerang City, Gabriel Jesus sudah mengoleksi tiga goal dan Sergio Aguero dua. Meski gagal membawa Arsenal menang, Alexandre Lacazette masih bisa membobol gawang tim di 6 besar.

Ketajaman Lukaku menghadapi lawan tim 6 besar sangat dibutuhkan MU dalam perjuangan menjadi kampiun. Terakhir kali menjadi juara pada 2012/13, MU memiliki Robin van Persie yang menjadi momok semua lawan, termasuk tim papan atas. Van Persie membuat tujuh gol dalam 10 laga melawan tim 6 besar. Mayoritas gol Van Persie pun merupakan gol penentu.

Lukaku harus segera sembuh dari luka ini. Jika tidak, lukanya akan melukai usaha MU menjadi penguasa Premier League. Jangan sampai luka Lukaku membuat Setan Merah Terluka.

Analisis Romelu lukaku Manchester United Premier League
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.914

Bagikan