Arema FC Tagih Janji LIB Soal Pembayaran Subsidi Liga 1

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 18 November 2017
Arema FC Tagih Janji LIB Soal Pembayaran Subsidi Liga 1
Arema FC (PT Liga Indonesia Baru)

BolaSkor.com - Komitmen PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 musim ini, kembali dipertanyakan. Hal itu lantaran belum dipenuhinya subsidi bagi klub kontestan, meski kompetisi sudah berakhir.

Salah satu klub yang mempertanyakan komitmen itu adalah Arema FC. Tim Singo Edan, kali ini menagih janji LIB yang sampai satu bulan lebih belum memenuhi kewajibannya berupa pembayaran subsidi kompetisi.

"Sejak Oktober lalu, Arema belum menerima subsidi. Saya yakin klub lain juga mengalami hal serupa," ucap General Manager tim, Ruddy Widodo.

Ruddy memaparkan, besaran piutang yang dimiliki Arema FC terhitung cukup besar. LIB setidaknya masih punya kewajiban ke Arema dan mungkin tim lain, melalui nominal subsidi hingga Rp3,3 miliar.

Besaran nominal itu pun bisa semakin bertambah, seiring belum cairnya share rating televisi dari pihak pemegang hak siar Liga 1.

"Setiap bulan sejak Maret kami menerima Rp 600 juta. Jadi tiga bulan sisa sampai Desember, kami masih punya piutang Rp1,8 miliar dan Rp1,5 miliar," Ruddy menjelaskan.

Karena itu, Arema pun berharap segera ada tindak lanjut dari LIB. Dengan kondisi yang dialami Arema sepanjang musim ini, besaran subsidi tersebut memang sangat membantu menyehatkan keuangan klub.

"Subsidi kompetisi bagi kami sudah bukan lagi vitamin, tapi makanan pokok. Makanya, kami patut menagih hak itu, setelah tim menyelesaikan kewajiban di kompetisi," bebernya.

"Subsidi itu kami proyeksikan untuk gaji pemain. Meski keuangan tim masih ada, tapi itu berada pada pos anggaran lain," tutup Ruddy.

Pembagian subsidi Liga 1
- Jumlah total Rp 7,5 miliar
- Sebesar Rp 6 miliar diantaranya dibayarkan dalam sepuluh termin mulai Maret - Desember 2017
- setiap klub mendapatkan Rp 600 juta per bulan, belum dipotong pajak maupun sanksi dan denda klub
- sisa Rp 1,5 miliar dibayarkan akhir tahun
- share rating tv juga dibayarkan akhir tahun. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Liga 1 Arema FC
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan