BolaSkor.com - Arema FC terus fokus mempersiapkan tim jelang berlaga di Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018 dan berlanjut ke kompetisi Liga 1 musim ini. Tim Singo Edan tak terpengaruh dengan kemunduran dua jadwal ajang penting itu.

Arema FC akan berlaga di turnamen Piala Gubernur Kaltim mulai 23 Februari sampai 4 Maret nanti. Jadwal turnamen rutin di Kaltim itu mengalami perubahan dari semula 18 sampai 28 Februari.

Setelah itu, Arema FC berkiprah di Liga 1 musim ini, yang akan dimulai pada tanggal 10 Maret 2018 mendatang. Semula jadwal kick-off Liga 1 musim ini berlangsung pada 3 Maret 2018.

"Kami ambil hikmahnya saja. Tidak ada pengaruhnya dengan persiapan tim yang sedang kami susun," kata pelatih Arema FC, Joko Susilo.

Menurutnya, pengunduran jadwal dua ajang itu tetap menimbulkan sisi plus minusnya. Di satu sisi, Joko Susilo kembali merevisi program yang sudah disusun pada masa persiapan sebelum terbang ke Kaltim.

"Tapi di sisi lain, kami punya waktu yang semakin panjang untuk melihat kesiapan pemain sebelum bertanding di PGK (Piala Gubernur Kaltim 2018) maupun Liga 1," tambahnya.

Arema FC memang kembali merevisi programnya, pasca tersingkir lebih cepat di Piala Presiden 2018. Dendi Santoso dkk. tetap menjalankan rutinitas latihan, untuk mengisi jeda waktu sekitar tiga pekan sebelum berlaga di Piala Gubernur Kaltim 2018.

Tak hanya itu, Arema FC dijadwalkan untuk melakoni uji coba dengan tim-tim amatir lokal sebelum berlaga di Piala Gubernur Kaltim 2018.

"Uji coba resmi nanti kan di Piala Gubernur Kaltim. Saat ini, laga uji coba bersifat tidak resmi, dengan menghadapi tim-tim yang kelasnya di bawah," kata Joko Susilo. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)