Banding Tiga Klub Terkait Lisensi AFC Resmi Ditolak

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 31 Oktober 2017
Banding Tiga Klub Terkait Lisensi AFC Resmi Ditolak
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. (Viva.co.id)

BolaSkor.com - Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, memastikan bahwa banding yang dilakukan ketiga klub Liga 1 terkait lisensi AFC telah resmi ditolak. Ketiga klub tersebut adalah Bhayangkara FC, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Seperti diketahui, Komite Lisensi PSSI telah memastikan bahwa 13 klub Liga 1 gagal lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi AFC. Permasalahannya adalah ke-13 tim tersebut gagal memenuhi kriteria level A yang menjadi syarat utama mendapatkan lisensi AFC. Kriteria level A itu ada 33 item dalam lima aspek utama penilaian, mulai dari legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).

Dari 13 klub yang gagal verifikasi, hanya ada tiga tim yang mengajukan banding ke Komite Banding Lisensi PSSI, yakni Bhayangkara FC, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura. Sebab, ketiga klub tersebut berpeluang besar tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Sementara itu, hanya Arema FC dan Persib Bandung mendapatkan lisensi dengan tanpa syarat. Madura United FC, Persija Jakarta, dan Bali United FC mendapat lisensi AFC dengan syarat membenarkan berkas kriteria level B yang keliru. Jika tidak memenuhinya sampai 24 Januari 2018, maka lisensi AFC dari ketiga klub tersebut bisa dicabut.

"Keputusannya adalah menolak upaya banding dari semua yang diajukan. Ini akan kami report ke AFC, karena mekanisme licensing ini PSSI tidak sendirian," kata Joko Driyono ketika ditemui di Makostrad, Selasa (31/10/17).

"Ada menggunakan tools, menggunakan sistem yang ada di AFC. Oleh karenanya, kita akan report dari semua progres sampai posisi terakhir kepada AFC. Sebatas itu dulu," pungkas pria asal Ngawi tersebut.

Hasil ini membuat peluang Bhayangkara FC, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura untuk tampil di Kualifikasi Liga Champions Asia dan Piala AFC menjadi kandas.

PSSI Bhayangkara FC Psm makassar Persipura jayapura
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan