BolaSkor.com - Saat Liverpool ditinggalkan Philippe Coutinho ke Barcelona, tak sedikit yang berpendapat The Reds harus secepatnya mencari penggantinya. Tak sedikit juga yang menyarankan Liverpool menggunakan dana dari penjualan Coutinho untuk membeli pemain di sektor lain.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp sendiri langsung ingin mempercepat transfer Naby Keita. Alasannya agar Liverpool bisa memiliki rencana lain alias Plan B tanpa Coutinho.

Namun, laga melawan Porto seperti menjadi bukti jika Liverpool sudah memiliki Plan B. Mereka mampu mendominasi Porto, tim yang di kompetisi Liga Portugal tak terkalahkan dalam 21 laga.

Memang kemenangan di Stadion Dragao terbilang mengejutkan. Kemenangan mutlak ini juga tak lepas dari permainan minor dari tuan rumah. Tetapi, tetap saja, penampilan minor Porto juga tak lepas dari pemainan menekan yang sudah menjadi ciri khas Liverpool.

Hasil besar yang diraih The Reds tak lepas dari kontribusi luar biasa dari trisula, Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah. Menyadari ketiga pemain tersebut sedang panas-panasnya, Klopp memberikan kebebasan di atas lapangan, khususnya saat menggempur pertahanan Porto.

Di sisi lain, Klopp meminta para pemain lain untuk tampil disiplin untuk mengontrol ritme permainan.

"Semua orang berbicara soal kami bertiga. Tapi rekan setim lain yang membuatnya menjadi mudah buat kami. Tanpa tim kami tak berarti apapun. Mereka sudah melakukan yang terbaik di belakang kami bertiga. Kami bertiga beruntung bisa membuat gol setiap saat," ujar Sadio Mane usai laga seperti dikutip Sky Sports.

Tanpa Emre Can, Klopp menugaskan Jordan Henderson sebagai dasar di lini tengah. Georginio Wijnaldum dan James Milner lebih bertugas menghadirkan dinamika dalam permainan. Dan, kali ini Henderson bisa menjalankan perannya dengan baik.

Untuk kali ini, Henderson terlihat tak lagi ragu dalam bermain. Biasanya sang kapten acap ragu antara maju atau bertahan membantu lini pertahanan. Saat melawan Porto, Henderson fokus dan disiplin menjadi benteng pelindung bagi Dejan Lovren dan Virgil van Dijk.