Bima Sakti Ungkap Alasan Luis Milla Panggil Tiga Pemain Timnas U-19

Bima Sakti Ungkap Alasan Luis Milla Panggil Tiga Pemain Timnas U-19 Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti (tengah). (BolaSkor.com/Tengku Sufiyanto)

BolaSkor.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 akan melakoni laga uji coba internasional menghadapi Suriah U-23 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/11/17). Dalam laga uji coba kali ini, pelatih Timnas U-23, Luis Milla tak menggunakan pemain senior.

Artinya dari 33 nama yang dipanggil, Milla menggunakan 25 pemain U-23 untuk menghadapi laga uji coba tersebut. Dari 23 nama, komposisi pemain terdiri dari tiga pemain Timnas U-19, dua pemain berwajah baru, dan sisanya merupakan penggawa Timnas U-22 SEA Games 2017 dan Kualifikasi Piala AFC U-23.

Tiga pemain Timnas U-19 yang dipanggil adalah M Lutfhi, Egy Maulana Vikri, dan Muhammad Rafly Mursalim. Dua pemain baru yang menghuni skuat U-23 asuhan Milla adalah Ilham Udin Armaiyn (Bhayangkara FC) dan Muhammad Arfan (PSM Makassar).

Kedatangan tiga pemain Timnas U-19 membuat komposisi Skuat Garuda Muda lebih bervariasi dari segi permainan. Mengingat, ketiga memiliki kelebihan masing-masing.

Asisten pelatih Timnas, Bima Sakti, mengungkapkan alasan Milla memanggil keduanya. Menurutnya, pemanggilan Egy Maulana Cs dilakukan berdasarkan pemantauan sang juru racik formasi asal Spanyol tersebut.

"Coach Luis [Milla] selalu memberikan kesempatan kepada pemain yang memiliki prospek untuk bisa tampil di Asian Games nanti. Jadi kami selalu memberikan kesempatan siapa saja yang tampil di Timnas U-19," kata Bima Sakti.

"Ya itu dari coach Luis karena beliau selalu memantau pemain baik itu di Timnas U-19, Egy dan kawan-kawannya yang lain. Itu pandangan coach Luis, karena selalu ada kesempatan kepada pemain untuk berkompetisi," tambah mantan pemain Persib Balikpapan tersebut.

Timnas U-23 sendiri sudah menggelar latihan perdana di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (14/11/17) sore WIB kemarin. Hanya Yabes Roni dari 25 nama Timnas U-23 yang absen dalam latihan tersebut. Pemain Bali United FC itu absen lantaran ada sanak saudaranya yang meninggal dunia.

Sementara itu, selain menghadapi Suriah U-23, Timnas U-23 akan menghadapi Guyana pada 25 November 2017 dengan label Timnas Indonesia Senior. Sebelumnya, Timnas Senior menghadapi Suriah U-23 pada 18 November mendatang. Komposisi pemain dalam laga tersebut adalah para pemain Timnas U-23 ditambah delapan pemain senior.

Delapan pemain senior tersebut adalah Andritany Ardhiyasa, Boaz Solossa, Fachruddin Aryanto, Bayu Pradana, M Taufiq, Ilija Spasojevic, Achmad Jufriyanto, dan Andik Vermansah.

Leave a Comment