Catalonia Deklarasikan Kemerdekaan, Nasib Barcelona Masih Tanda Tanya

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 28 Oktober 2017
Catalonia Deklarasikan Kemerdekaan, Nasib Barcelona Masih Tanda Tanya
Catalonia nyatakan kemerdekaan, Jumat (27/10/17). (zimbio)

BolaSkor.com - Parlemen Catalonia mendeklarasikan kemerdekaan mereka, Jumat (27/10/17) waktu setempat. Deklarasi ini adalah bentuk pembangkangan terhadap Pemerintah Spanyol di Madrid.

Deklarasi kemerdekaan ini sendiri tidak akan diterima oleh Spanyol. Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy menyatakan keputusan parlemen Catalonia tidak bisa diakui.

Rajoy menegaskan pemerintah Spanyol akan menegakkan hukum dan mengembalikan asas legalitas di Catalonia. Sementara itu, Uni Eropa juga menyatakan tidak mengakui kemerdekaan Catalonia.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apa dampak dari deklarasi kemerdekaan Catalonia ini bagi klub sepak bola Barcelona. Bagaimana masa depan Lionel Messi dan kawan-kawan.

Keluar La Liga?
Pada 1 Oktober lalu, lebih dari dua juta orang atau sekitar 90 persen yang ambil bagian dari referendum menyatakan setuju Catalonia lepas dari Spanyol. Hingga akhirnya menyatakan merdeka pada Jumat (27/10/17).

Melihat perkembangan terakhir ini, Barcelona kemungkinan bakal keluar dari kompetisi La Liga. Mengenai kemungkinan ini, sebenarnya Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu sendiri pernah mengatakan bahwa klub ingin bertahan di La Liga.

Meski begitu, Bartomeu juga tak mau menutup kemungkinan Barca keluar dari Liga. "Saat ini situasi yang bakal memengaruhi masa depan Barcelona belum ada. Tapi mempertimbangkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, dewan direksi akan mendiskusikan semua opsi," kata Bartomeu kepada Reuters yang dikutip Al Jazeera.

"Kami akan menemukan solusi terbaik. Jika terjadi kemerdekaan, kami harus mendiskusikan semua hal secara hati-hati," dia menambahkan.

Syarat Bertahan di La Liga
Namun Barcelona tak akan mudah untuk bisa bertahan di La Liga jika Catalonia benar-benar merdeka. Pasalnya untuk bisa bertahan di La Liga harus ada amandemen atau perubahan pada hukum olahraga di Spanyol.

"Hukum dan aturan olahraga harus diubah oleh parlemen Spanyol agar Barcelona bisa diterima di La Liga. Tak ada cara lain untuk Barcelona bisa jadi bagian La Liga setelah kemerdekaan." ujar Guillem Balague, jurnalis sepak bola Spanyol.

Yang pasti, baik La Liga atau Barcelona sama-sama memerlukan satu sama lain. La Liga tanpa Barcelona akan menghancurkan baik klub dan liga itu sendiri. Saat ini ada tiga klub Catalonia yang berkompetisi di La Liga. Selain Barca, ada Espanyol dan Girona.

Barcelona
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.969

Bagikan