Chelsea 1-1 Barcelona: Patahkan Kutukan, Lionel Messi Selamatkan Blaugrana

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 21 Februari 2018
Chelsea 1-1 Barcelona: Patahkan Kutukan, Lionel Messi Selamatkan Blaugrana
Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Barcelona bersama Andres Iniesta. (UEFA)

BolaSkor.com - Chelsea harus puas dengan hasil imbang 1-1 dengan Barcelona pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (21/2) dini hari WIB. Pada duel yang digelar di Stadion Stamford Bridge, kedua gol terjadi di babak kedua.

Meski bermain di depan publik lawan, Barcelona menjadi yang pertama mengambil inisiatif menyerang. Chelsea sempat memiliki kesempatan pada sepuluh menit pertama melalui tendangan jarak jauh Eden Hazard dan sundulan Antonio Rudiger yang semuanya gagal mengubah skor.

Lewat sepuluh menit, dominasi Barcelona makin terasa. Kubu tuan rumah mengalami kesulitan dalam mempertahankan penguasaan bola. Alhasil, Chelsea lebih banyak mengejar bola daripada melancarkan serangan.

Pada menit ke-16 Barcelona mendapat peluang. Secara jitu Lionel Messi melepaskan umpan kepada Paulinho yang berada di depan gawang Chelsea. Sayang, sundulan Paulinho masih melenceng.

Barcelona mengurung lawan hingga setengah lapangan. Meski begitu, pasukan Ernesto Valverde kesulitan menghadirkan ancaman berarti di jantung pertahanan tuan rumah.

Hal ini sempat membuat The Blues bisa keluar dari tekanan dan menciptakan peluang bagus pada menit ke-33. Namun bola hasil sepakan Willian masih menghajar tiang gawang. Selang delapan menit kemudian Willian lagi-lagi harus rela bola sepakannya menghantam tiang.

Hingga babak pertama usai, skor imbang tanpa gol bertahan. Sepanjang babak pertama, Barcelona memang mengusai bola hingga 71 persen, namun hanya bisa membuat tiga kesempatan. Sebaliknya Chelsea mencatat enam peluang, termasuk dua kesempatan dari Willian yang menghantam tiang gawang.

Di babak kedua, skenario permainan tak banyak berubah. Barcelona masih mendominasi penguasaan bola. Barcelona mampu menciptakan peluang saat laga memasuki menit ke-53. Luis Suarez gagal memaksimalkan umpan dari Andres Iniesta.

Publik Stamford Bridge akhirnya bisa bersorak pada menit 62. Kali ini Willian tak mau lagi digagalkan tiang gawang. Secara akurat pemain asal Brasil ini melepaskan sepakan yang mengarah ke pojok kiri gawang Barca.

Namun keunggulan tuan rumah tak bertahan lama. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Chelsea, Iniesta menusuk ke area berbahaya dan mengirimkan umpan kepada Messi. Tanpa kontrol penyerang Argentina itu mengirim bola ke dalam gawang Chelsea.

Ini merupakan gol pertama Messi dalam sembilan penampilan melawan Chelsea. Messi membutuhkan 30 tembakan untuk akhirnya bisa menjebol gawang The Blues.

Usai gol, temperatur laga memanas dengan hiasan tekel-tekel yang cukup keras. Barcelona pun makin banyak mengusai bola yang mencapai 75 persen dan sukses membatasi Chelsea yang hanya mampu melepaskan kurang dari 200 umpan.

Saat wasit mengakhiri laga, skor 1-1 tak berubah. Hasil ini bisa dikatakan menguntungkan Barcelona akan menjamu Chelsea di Camp Nou pada leg kedua, 14 Maret 2018 mendatang.

Susunan Pemain

Chelsea: Courtois; Azpilicueta, Christensen, Rudiger, Moses; Fabregas (Drinkwater 83), Kante, Alonso; Willian, Hazard, Pedro(Morata 83).

Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Paulinho (Vidal 63), Iniesta (Gomes 90); Messi, Luis Suarez

Liga Champions Barcelona Chelsea
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan