Chelsea 1-1 Barcelona: Satu Kesalahan yang Membuyarkan Strategi Antonio Conte

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 21 Februari 2018
Chelsea 1-1 Barcelona: Satu Kesalahan yang Membuyarkan Strategi Antonio Conte
Barcelona memanfaatkan kesalahan Chelsea di leg pertama 16 besar Liga Champions (Mike Hewitt - Getty Images)

BolaSkor.com - Hasil leg pertama 16 besar Liga Champions antara Chelsea dengan Barcelona di Stamford Bridge berakhir imbang 1-1. Gol dari Willian dibalas oleh Lionel Messi, yang memecahkan rekor tak pernah membobol gawang Chelsea.

Sekilas, melihat hasil akhir pertandingan, skor akhir 1-1 seakan memperlihatkan pertandingan yang membosankan bagi fans netral. Tapi, jika diamati dengan seksama, laga berlangsung dengan ketat saat kedua pelatih beradu taktik laiknya pertarungan catur.

Uji kesabaran menjadi tema pertandingan tersebut. Satu kesalahan kecil memengaruhi hasil pertandingan. Barcelona yang tetap memeragakan gaya bermain mereka, mengandalkan penguasaan bola, dan juga berhati-hati dalam permainannya dari serangan balik Chelsea.

Pun demikian dengan tuan rumah. Chelsea sangat fokus menjalankan instruksi Antonio Conte. Mereka solid ketika bertahan, menerapkan penjagaan zonal marking, menutup celah bagi lawan bergerak, dan menyerang melalui serangan balik mengandalkan kelincahan Willian, Pedro Rodriguez, dan Eden Hazard.

Chelsea bisa dibilang bermain lebih baik dari efektivitas peluang yang mereka miliki, dengan jumlah sepakan tepat sasaran atau percobaan yang lebih besar dari Barca, yang menguasai penguasaan bola. Willian membawa Chelsea unggul dengan intuisinya mencetak gol - ia bahkan bisa mencetak tiga gol, jika dua peluangnya tidak mengenai mistar gawang.

Chelsea sudah sangat nyaris membawa satu gol penting untuk leg kedua yang berlangsung di Camp Nou Maret mendatang. Namun, kesalahan yang dilakukan lini belakang Chelsea dibayar mahal dengan gol Messi yang menerima assist Andres Iniesta.

"Kami, sayangnya, membayar mahal satu kesalahan karena kami sudah sangat dekat memainkan laga yang sempurna. Namun, melawan tim berkualitas, jika Anda melakukan kesalahan Anda harus membayarnya. Pada akhir laga kami kecewa dengan hasil akhir. Tapi, di satu waktu, laga ini memberikan banyak kepercayaan diri untuk leg kedua," papar Conte, diberitakan Guardian, Rabu (21/2).

"Tak mudah, kami harus realistis karena kita semua berbicara tentang Barcelona. Mereka fantastis dan tim yang kuat. Tapi, kami juga memperlihatkan, jika kami bekerja keras bersama saat bertahan, dan di satu waktu memenangi bola dan menciptakan peluang mencetak gol, kami bisa coba melakukan hal yang luar biasa hebat di Camp Nou," terangnya.

Secara tidak langsung, Conte juga memberi indikasi akan memainkan taktik yang sama di leg kedua yang berlangsung Maret mendatang: bertahan solid dan rapat di lini belakang, dan mencoba mencetak gol melalui serangan balik.

"JIka Anda ingin menghadapi Barcelona secara terbuka, Anda gila. Anda akan kalah dengan skor 0-4, 0-5, 0-6, jadi Anda harus cerdas ketika bermain. Para pemain saya tidak bodoh. Mereka mengikuti program yang kami siapkan dan memahami rencananya," tambah Conte.

"Seorang pelatih bisa memiliki rencana yang sangat hebat, tapi jika pemain tidak percaya rencana ini, Anda mati. Tim saya fantastis. Barcelona bertarung mati-matian untuk menciptakan peluang, dan kemudian satu kesalahan membuka pertahanan kami," pungkasnya.

Chelsea FC Barcelona Liga Champions Antonio Conte Lionel Messi Willian
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan