Curahan Hati Bek Senior Persib Usai Ikuti Lisensi Kepelatihan C AFC

Curahan Hati Bek Senior Persib Usai Ikuti Lisensi Kepelatihan C AFC Aksi Supardi Nasir bersama Persib Bandung. (PT LIB)

BolaSkor.com - Bek sayap kanan Persib Bandung, Supardi Nasir akhirnya bisa lega. Pasalnya, kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi C AFC yang digelar di Sawangan Depok sudah berakhir.

Pemilik nomor punggung 22 ini mengaku mendapatkan pelajaran berharga selama menjalani kursus kepelatihan yang digelar pada 18 hingga 30 November itu. Bahkan, ia menyarankan agar seluruh penggawa Persib segera mengikuti langkahnya.

"Bukan karena kita sudah senior atau mau pensiun. Tapi di sini untuk kita pribadi. Jadi kita tahu apa yang harus kita lakukan setelah jadi pemain. Karena diajarkan juga, sebagai pemain itu harus seperti apa. Itu penting," ujar Supardi.

Supardi juga jadi mengetahui bahwa tugas pelatih tidaklah gampang. Padahal sebelum mengikuti kursus kepelatihan, pemain berusia 34 tahun itu sempat meremehkan tugas dari seorang pelatih.

"Saya baru sadar sekarang kalau jadi pelatih itu tidak gampang. Jadi jangan menghujat pelatih. Seorang pelatih itu pasti orang pintar karena dia harus persekian detik memikirkan apa yang harus dibuat untuk tim ini. Kita sebagai pemain hanya 90 menit fokus di lapangan. Tapi seorang pelatih, satu hari satu malam belum cukup memikirkan apa yang harus dilakukan besok. Belum kalau lawannya kuat, belum kalau timnya kalah. Stress," katanya.

Tak ayal, ia pun langsung menyampaikan permohonan maaf kepada Syamsuddin Umar yang merupakan asisten pelatih Timnas Indonesia 2007, Ivan Kolev.

"Kemarin ambil lisensi bareng kita. Dia sudah berumur, tapi semangat belajarnya masih ada. Saya bilang, Sam, saya minta maaf dulu latihan fisik ngeluh-ngeluh. Saya baru tahu jadi pelatih itu susah," tuturnya.

"Kalau masih C peluangnya besar untuk lulus. Karena lebih kepada public speaking. Kita bisa ngomong, kita bisa utarakan, kita bisa cari jawaban kita, kita harus punya itu. Kita harus bisa mempresentasikan," tandasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Leave a Comment