Dapat Sanksi Komdis, Umuh Muchtar Lakukan Banding

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 09 November 2017
Dapat Sanksi Komdis, Umuh Muchtar Lakukan Banding
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar memastikan akan melakukan banding terkait sanksi yang dikeluarkan Komisi Disiplin PSSI terhadapnya.

Dari hasil sidang Komisi Disiplin ke-26, tertanggal 7 November 2017 menyebutkan bahwa Umuh dijatuhi hukuman 6 bulan larangan beraktivitas di dunia sepak bola dalam kegiatan di lingkungan PSSI serta denda Rp 50 juta.

Alasannya karena Umuh dianggap menjadi sosok yang paling bertanggung jawab atas terhentinya pertandingan antara Persija melawan Persib di Stadion Manahan, Solo, 3 November 2017 lalu.

Umuh dinilai terbukti memanggil para pemain Persib dari technical area ke pinggir lapangan. Tujuannya adalah untuk meminta pemain tidak melanjutkan pertandingan karena tidak puas atas kepemimpinan wasit.

Merujuk kepada pasal 22 Kode Disiplin PSSI, Umuh Muchtar dihukum larangan beraktivitas sepak bola dalam kegiatan di lingkungan PSSI selama 6 bulan dan denda Rp 50 juta karena telah terjadi pelanggaran terhadap pasal 144 Kode Disiplin PSSI.

Menurut Umuh, sanksi yang dikeluarkan tidak mendasar dan terbilang aneh. Pasalnya Presiden Borneo FC, Nabil Husein kala itu yang secara terang-terangan mencekik wasit saja tidak dihukum berat.

Sebaliknya, Umuh yang masih berdiam diri di bench dan tidak melakukan intimidasi kepada wasit malah diberi denda.

"Ini aneh. Saya akan buat sanggahan banding karena harus adil. Karena dimana aturannya sanksi itu tiba-tiba dikeluarkan sementara saya tidak dilibatkan dalam sidang," kesal Umuh di Kediamannya di Kiaracondong, Bandung, Kamis (09/11/17).

Maling saja, kata Umuh, pasti dicerca beberapa pertanyaan untuk mempertanggung jawabkan kelakuannya. Sementara ini, Umuh mengaku tidak mengetahui dan bahkan tidak pernah dipanggil untuk menjalani proses persidangan sebelum sanksi dikeluarkan.

"Biar semua masyarakat tahu, saya juga tidak harus emosi. Tapi kalau tidak ada saya, Persib mau gimana. Nanti ada rekaman, buktinya cukup kuat. Semua orang lihat, saya ada di pinggir garis," pungkasnya.(Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Umuh Muchtar Liga 1
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.995

Bagikan