Datang ke Bandung, Bonek Bakal Jadi Tamu yang Baik

Datang ke Bandung, Bonek Bakal Jadi Tamu yang Baik Bonek saat mendukung Persebaya Surabaya bertanding. (Fourfourtwo.com)

BolaSkor.com - Gerak cepat langsung dilakukan Bonek, sebutan pendukung Persebaya Surabaya, begitu mendengar kabar pindahnya venue pertandingan Grup Y babak 8 besar Liga 2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api ditunjuk PT Liga Indonesia baru sebagai tempat Persebaya dan peserta Grup Y lainnya untuk bertanding.

Kota Bandung sendiri cukup bersahabat dengan Bonek. Sebab, pada 8 Januari 2017 lalu Bonek mengawal Persebaya pada kongres tahunan PSSI di Bandung. Saat itu, 3000-an Bonek mendapat perhatian dari pemerintah kota Bandung. Bahkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyediakan Gedung Olah Raga (GOR) Pajajaran dan GOR Sepak Takraw Lodaya untuk menampung Bonek.

Sing penting, Bonek kudu dadi tamu sing apik. Bonek kudu jogo jenenge Persebaya. (Yang pasti, Bonek harus menjadi tamu yang baik. Bonek harus menjaga nama Persebaya),” tegas salah satu pentolan Bonek, Devara Noumanto.

Menurutnya, pentolan-pentolan Bonek langsung melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan suporter Persib Bandung. Yakni Bobotoh dan Viking serta Bomber.

“Begitu dengar kabar laga Persebaya dipindah dari Cikarang ke Bandung, langsung koordinasi ke pentolan pendukung Persib,” jelas Sinyo, sapaan akrab Devara Noumanto.

“Kami ke Bandung membawa dan menjaga nama baik kota Surabaya. Kami datang untuk mengawal dan mendukung tim kebanggaan kami, Persebaya. Jadi kami akan berusaha agar aman dan damai,” sambungnya.

Ia lantas menjelaskan jika Bonek yang berada di Cikarang dan Bekasi dikumpulkan pada satu titik untuk bergerak ke Kota Kembang. Namun Sinyo belum bisa memastikan berapa jumlah Bonek yang menuju Bandung dari Cikarang dan Bekasi.

“Kami juga ambil hikmahnya terkait saudara-saudara kami yang telah dipulangkan oleh kepolisian. Sangat disayangkan memang, karena pengorbanan Bonek yang sudah berangkat dalam mendukung Persebaya jadi sia-sia,” kata pria yang juga Koordinator Tribun Selatan ini.

Harus diakui juga, lanjutnya, jika Bonek sudah kehabisan bekal lantaran ketidakpastian jadwal babak 8 besar di Grup Y. Dia dan pentolan Bonek lainnya kini tengah mencari cara untuk mengatasi suporter yang telah kehabisan bekal dan uang saku. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Leave a Comment