Diwarnai Aksi WO, UMM Malang Rebut Trofi TCC 2017

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 24 November 2017
Diwarnai Aksi WO, UMM Malang Rebut Trofi TCC 2017
UMM Malang menjuarai TCC 2017. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Aksi kurang sportif kembali terjadi di sepak bola nasional. Tak hanya di kompetisi profesional saja, tindakan Walk-Out (WO) juga tersaji dalam ajang Torabika Campus Cup (TCC) yang diselenggarakan di Stadion Graha Cakrawala Malang, Rabu (23/11/17) sore WIB kemarin.

Keputusan wasit yang dinilai kontroversial, membuat tim Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung melakukan aksi WO.

Satu pelanggaran kecil di kotak penalti UPI di masa injury time, berakibat penalti kepada tim Universitas Muhamadiyah Malang (UMM). Tak pelak, UPI yang sudah bersusah payah menyamakan skor menjadi 1-1 pun kemudian emosi dan memboikot pertandingan. Wasit Bangil Saputra dari Kota Batu sebenarnya menunggu komitmen UPI untuk menyelesaikan pertandingan final tingkat nasional itu selama 15 menit. Namun karena tidak merespon, wakil Kota Bandung itu akhirnya dinyatakan kalah WO sehingga skor akhir menjadi 4-1 untuk kemenangan UMM Malang.

"Mahasiswa kami punya attitude yang sportif. Kalau dalam batas wajar, kita tidak akan mundur," kata Pelatih UPI Bandung, Ramadhan Breh.

"Ini mengajarkan sepak bola yang jelek, dan tidak baik untuk sepak bola Indonesia," tambahnya.

Torabika Campus Cup memang sejatinya bertujuan untuk pembinaan sepak bola di kalangan mahasiswa. Maka dari itu, aksi WO itu sedikit mencoreng pelaksanaan turnamen yang diprakarsai produsen kopi nasional itu dalam gelaran di tahun kedua ini.

"Ya patut kita sayangkan aksi WO ini. Seharusnya pertandingan final enak ditonton jika semuanya sportif," ungkap Ketua PSSI Asosiasi Kota Malang, Haris Thofly kepada media.

"Tapi yang jelas, kami sebagai tuan rumah mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak sponsor yang konsisten mendukung perkembangan sepak bola nasional melalui event ini," imbuhnya.

Universitas Muhammadiyah Malang pun menjadi yang terbaik dari 80 kampus yang ikut serta dalam Torabika Campus Cup tahun ini dan berhak atas hadiah Rp 20 juta sebagai uang pembinaan. Gelar itu semakin lengkap, setelah UMM juga meraih juara pada babak regional satu bulan lalu.

Rekapitulasi Torabika Campus Cup 2017 :

Juara: Universitas Muhamadiyah Malang
Runner-up: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Peringkat 3: Universitas Negeri Malang
Peringkat 4: Universitas Negeri Padang
(Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

TCC 2017
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan