Dua Dekade Buffon, Jelang Laga Krusial Lawan Swedia

BolaSkorBolaSkor - Kamis, 09 November 2017
Dua Dekade Buffon, Jelang Laga Krusial Lawan Swedia
Gianluigi Buffon (zimbio)

BolaSkor.com - Perjalanan karier Gianluigi Buffon seakan terulang. Pada 20 tahun lalu atau tepatnya 29 Oktober 1997, Buffon melakoni debut internasional bersama Italia saat masih berumur 19 tahun. Penampilan perdananya kala itu, dia menggantikan Gianluca Pagliuca saat leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 1998 menghadapi Rusia di Moskow. Buffon melakukan sejumlah penyelamatan gemilang dalam laga yang berkesudahan sama kuat 1-1.

Karena tampil cukup memuaskan, pelatih Cesare Maldini akhirnya memboyong Buffon ke Piala Dunia 1998 di Prancis. Namun dia tak sekalipun bermain, karena Pagliuca adalah kiper utama Italia saat itu.

Buffon menjadi pilihan utama saat kualifikasi Piala Eropa 2000. Namun hanya beberapa hari sebelum Italia menjalani laga perdana menghadapi Turki, Buffon mengalami patah tangan. Tak ayal, dia digantikan oleh Francesco Toldo yang mengambil peran sebagai kiper utama saat itu.

Kemudian Marcelo Lippi meneruskan tongkat estafet dari pelatih Giovanni Trapattoni. Posisi Buffon pun kembali tak tergoyahkan di posisi penjaga gawang utama. Sejak itu Buffon hampir tidak tergantikan hingga sekarang.

Buffon saat ini telah memegang rekor caps terbanyak bersama Azzurri dengan total 173 penampilan. Sebagai kapten Buffon telah menjalani laga ke-77 atau kedua terbanyak di bawah Fabio Cannavaro yang mengantongi 79 penampilan.

Bersama timnas Italia, Buffon berhasil mempersembah gelar juara Piala Dunia 2006. Selain itu, selama 16 tahun di Turin, Buffon bersama Juventus telah memenangkan setidaknya 10 titel Serie A. Tapi sayangnya, dia justru kurang beruntung di Liga Champions setelah tiga kali gagal, yakni pada 2003, 2015, dan 2017.

Kini, dua dekade telah berlalu, sejarah kembali terulang. Buffon yang akan berusia 40 tahun pada 28 Januari tahun depan, menghadapi misi berat. Dia harus memimpin rekan-rekannya dalam menjalani laga hidup mati untuk memperebutkan tiket yang tersisa lolos ke Piala Dunia 2018.

Gli Azzurri akan melakoni dua partai kandang dan tandang melawan Swedia di babak play-off. Pertemuan perdana akan berlangsung di Friend Arena, Jumat (10/11/17) waktu setempat. Sementara laga penentuan akan dihelat di Stadion San Siro, Selasa (14/11/17) waktu setempat.

Jika Italia sukses menjalani ujian di babak play-off, maka panggung Piala Dunia 2018 di Rusia bakal dijadikan ajang perpisahan Buffon di dunia yang telah membesarkan namanya. Dan dunia akan mengenalnya sebagai kiper terbaik sepanjang masa.

"Waktu itu pengalaman yang bagus debut melawan Rusia. Tapi saya bangga melakukannya. Berisiko memainkan pemain muda saat itu. Terpenting hasil nanti sama bagus ketika 20 tahun lalu," ujar Buffon dikutip The Washington Times.

"Jika bisa bermain di Piala Dunia 2018, saya akan bermain. Setelah itu saya akan menutup pintu dan berhenti bermain sepak bola," terang Buffon uang baru saja dinobatkan sebagai Kiper Terbaik Dunia 2017.

Timnas Italia Babak Play Off
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan