Edy Rahmayadi Sebaiknya Memilih, Gubernur Sumut atau Ketum PSSI?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 20 November 2017
Edy Rahmayadi Sebaiknya Memilih, Gubernur Sumut atau Ketum PSSI?
Ketua Umum PSSI Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi. (Foto: PSSI)

BolaSkor.com - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Edy Rahmayadi yang juga ketua umum PSSI resmi diusung dua partai besar (PKS dan Gerindra) sebagai calon gubernur Sumatera Utara (Sumut) pada Pilkada 2018.

Kondisi tentu membuat pencinta sepak bola di Tanah Air bertanya-tanya soal kelanjutan Edy Rahmayadi sebagai orang nomor satu PSSI. Pasalnya saat ini sepak bola nasional benar-benar membutuhkan perhatian khusus.

"PSSI atau sepak bola adalah replika Indonesia. Memimpin PSSI sama dengan artinya memimpin Indonesia. Perlu perhatian serius dan fokus. Sepak bola Indonesia perlu pembenahan total untuk reformasi karena itu perlu ketua umum yang benar-benar total membenahinya. Terlalu banyak masalah di sepak bola Indonesia yang perlu penanganan secepatnya," ujar Akmal Marhali, koordinator Save Our Soccer (SOS).

"Mencalonkan diri jadi gubernur adalah hak setiap orang yang patut kita hormati. Karena itu Edy Rahmayadi harus memilih untuk kebaikan keduanya, PSSI atau Gubernur Sumut," lanjut Akmal.

Sementara itu, pihak PSSI sendiri tak melarang adanya rangkap jabatan. Hak ini ditegaskan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Menurutnya, kiprah Edy di ranah politik tidak bertentangan dengan Statuta PSSI. Karenanya tak ada keharusan Ketum PSSI harus mundur jika nantinya terpilih menjadi Gubernur Sumut.

Namun, tak dipungkiri rangkap jabatan kerap menjadi sebab dari adanya konflik kepentingan. Ini pula yang disoroti oleh SOS.

"Rangkap jabatan akan memunculkan conflict of interest dalam segala bidang. Selain itu juga membuat seseorang jadi tidak fokus karena harus berbagi tugas," Akmal menjelaskan.

"Baiknya, Edy Rahayadi memilih, mau politik atau sepak bola. Begitu juga dengan exco dan pengurus lainnya. Jangan sampai kepentingan politik mengalahkan sepak bola."

PSSI Letnan Jenderal Edy Rahmayadi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.066

Bagikan