El Clasico: Pengaruh Bintang, Ronaldo atau Messi?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 21 Desember 2017
El Clasico: Pengaruh Bintang, Ronaldo atau Messi?
Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Dua bintang dunia yang menjadi rival sejati, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akan kembali berduel di atas lapangan. Laga El Clasico edisi pertama musim ini di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/1/17) akan menjadi pentas drama keduanya.

Barcelona datang dengan modal keunggulan 11 poin dari tuan rumah Real Madrid. Barca tahu kemenangan di Bernabeu akan menjadi pukulan telak bagi harapan Real Madrid untuk mempertahankan gelara juara La Liga.

Dalam situasi krusial seperti saat ini, biasanya sebuah tim akan bergantung pada performa pemain bintang mereka. Melihat sejarah, Messi memang memiliki catatan lebih baik ketika berduel melawan Ronaldo dalam El Clasico.

Dalam urusan gol, Messi merupakan pemain dengan koleksi gol terbanyak sepanjang sejarah El Clasico dengan 24 gol. Jumlah tersebut diraihnya hanya dalam 36 penampilan. Catatan Messi lebih baik daripada Ronaldo yang mengemas 17 gol dari 28 laga El Clasico.

Dari sisi assist, Messi unggul jauh ketimbang Ronaldo. Penyerang asal Argentina itu tercatat sudah membuat 13 assisi di El Clasico. Bagaimana dengan Ronaldo? Penyerang Portugal tersebut hingga kini baru membuat sebiji assist.

Lewat catatan tersebut Messi tercatat membawa Barcelona 16 kali mengalahkan Madrid dalam 36 laga El Clasico. Dalam periode tersebut, Messi juga menuai delapan imbang dan 12 kekalahan. Sedangkan Ronaldo tampil 28 kali dalam El Clasico dengan delapan kali menang, tujuh imbang, dan 13 kali kalah.

Dari catatan di atas, Messi bisa dikatakan lebih memiliki pengaruh dalam El Clasico dibandingkan Ronaldo. Namun, semua itu tak menjamin apa yang bakal terjadi saat kedua bintang itu berduel di Santiano Bernabeu nanti.

El clasico Real Madrid Barcelona Lionel Messi Cristiano Ronaldo
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan