Ernesto Valverde dan Memori Derbi Barceloni

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 04 Februari 2018
Ernesto Valverde dan Memori Derbi Barceloni

BolaSkor.com - Barcelona akan menjamu rival sekota mereka Barcelona pada lanjutan La Liga, Minggu (4/2) malam WIB. Laga derbi Barceloni atau derby Catalan, ini selalu menjadi momen spesial buat Ernesto Valverde.

Saat menjadi pelatih, Valverde baru tiga kali merasakan derby ini dan semuanya terjadi musim ini. Di putaran pertama La Liga Valverde membawa Barcelona menang telak 5-0. Sedangkan di ajang Copa del Rey, Valverde mencatat sekali menang dan sekali kalah.

Saat menjadi pemain, Valverde tercatat enam kali tampil dalam duel dua tim sekota ini. Namun dalam enam duel tersebut Valverde tampil sebagai penggawa Espanyol.

Valverde merupakan salah satu dari sedikit pemain yang pernah membela Espanyol dan Barcelona. Valverde adalah satu dari sepuluh pemain yang berganti kubu secara langsung, tanpa transit ke klub lain.

Ernesto Valverde tak pernah tampil dalam Derby Catalan saat memperkuat Barcelona. (FCB)

Uniknya, setelah pindah dari Espanyol ke Barcelona pada 1988, Ernesto Valverde tak pernah merasakan tampil dalam derby meski dua musim bersama Blaugrana. Dia hanya duduk di bangku cadangan. Dengan kata lain, meski membela dua kubu, sebagai pemain hanya merasakan derby Catalan saat berkostum Espanyol.

Baca juga:

- Espanyol Vs Barcelona: Sekelumit Sejarah Derbi Barceloni

Sedangkan saat menjadi pelatih Espanyol, Valverde juga enam kali berhadapan melawan Barcelona. Valverde hanya mencatat sekali kemenangan dan tiga kali imbang.

Catatan serupa saat Valverde melawan Barcelona saat menjadi pemain. Dia juga hanya sekali merasakan kemenangan, sisanya dua imbang dan tiga kalah.

Derby Catalan Barcelona Ernesto Valverde
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.035

Bagikan