Espanyol 1-1 Barcelona: Gerard Pique Jadi Penyelamat

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 05 Februari 2018
Espanyol 1-1 Barcelona: Gerard Pique Jadi Penyelamat
Gerard Pique dan Luis Suarez merayakan gol. (daily mail)

BolaSkor.com - Barcelona selamat dari kekalahan saat tandang ke markas Espanyol, Minggu (4/2). Laga Derbi Barceloni berakhir imbang 1-1. Gol telat Gerard Pique menyelamatkan Barcelona dari kekalahan perdana di La Liga musim ini.

Di luar dugaan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tak memainkan Lionel Messi. Bintang asal Argentina itu hanya duduk dibangku cadangan. Posisinya diisi oleh Paco Alcacer. Sedangkan Philippe Coutinho bermain sejak awal.

Di kubu tuan rumah, Espanyol juga bermain tanpa sang kapten, Vctor Sanchez yang duduk di bangku cadangan. Pelatih Espanyol, Quique Sanchez Florez juga mencadangkan Sergio Garcia yang digantikan Sergi Dardar.

Saat laga dimulai, publik tuan rumah langsung berteriak melontarkan cemoohan tiap kali Gerard Pique memegang bola. Sepuluh menit pertama Espanyol lebih membiarkan tim tamu menguasai bola.

Pada menit ke-11, melalui serangan balik, Barcelona menciptakan peluang melalui kerja sama Paulinho dan Alcacer. Sayang, sentuhan Luis Suarez yang menerima umpan silang Alcacer masih bisa dijinakkan kiper Espanyol, Diego Lopez.

Hingga menit ke-20, Espanyol berhasil meredam tekanan Barcelona yang menguasai bola hingga 75 persen. Memasuki menit 22, BArcelona nyaris membuat gol. Sayang bola sepakan Coutinho hanya menghajar mistar gawang. Ini merupakan kali ke-23 Barcelona menghantam tiang atau mistar gawang sepanjang musim ini.

Meski Barcelona lebih banyak menguasai bola, kedua tim memiliki peluang yang tak jauh berbeda. Hingga babak pertama usai laga masih imbang tanpa gol. Di paruh pertama, Barcelona mengusai bola hingga 74 persen dan melepaskan tujuh tembakan. Sedangkan Espanyol mampu mendapatkan empat kesempatan.

Hujan deras membuat kondisi lapangan di babak kedua semakin buruk. Beberapa kali laju bola tersendat karena genangan air di beberapa titik lapangan.

Babak kedua berjalan tiga menit, serangan dilakukan Espanyol. Leo Baptistao lolos dan mampu melewati kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Baptistao melepaskan umpan silang yang diteruskan ke dalam gawang oleh Esteban Granero. Namun, wasit menganggap gol tak sah arena bola sudah terlebih dulu meninggalkan lapangan saat Baptistao melepaskan umpan.

Melihat permainan timnya tak berkembang, Ernesto Valverde memutuskan untuk memainkan Lionel Messi. Pada menit ke-59 Messi masuk menggantikan Paco Alcacer. Valverde juga memasukkan Sergi Roberto dan menarik keluar Nelson Semedo.

Kubu Espanyol mulai bisa melancarkan tekanan dan menciptakan peluang. Hingga akhirnya pada menit ke-66 publik tuan rumah bersorak setelah Gerard Moreno menjebol gawang Barcelona. Menerima umpan Sergio Garcia yang masuk sebagai pengganti, Moreno menanduk bola yang tak bisa dihadang Ter Stegen. Ini adalah gol ke-12 Moreno musim ini.

Gagal mengembangkan permainan, pasukan Barcelona mulai terlihat frustrasi. Terlebih setelah permintaan mereka mendapatkan penalti menyusul terjatuhnya Suarez pada menit 78 ditolak mentah-mentah oleh wasit.

Beruntung Barcelona memiliki Gerard Pique. Pemain yang sejak awal selalu dicemooh publik tuan rumah itu menjadi penyelamat. Menerima umpan Messi, Pique yang lepas dari kawalan Naldo langsung mengarahkan bola ke dalam gawang Espanyol. Skor imbang 1-1.

Hingga peluit panjang ditiup wasit, skor 1-1 tak berubah. Barcelona tetap kokoh di puncak klasemen dengan 58 poin. Bagi Barcelona ini memperpanjang rekor tak terkalahkan dari Espanyol menjadi 18 laga di La Liga. Tak hanya itu, Barca juga sukses mengukir rekor baru klub dengan tak terkalahkan hingga pekan ke-22.

Susunan Pemain:

Espanyol (4-4-2): D. Lopez; Navarro (Javi Lopez 76), David Lopez, Naldo, Martin Caricol; Jurado (Sergio Garcia 61), Dardar, Sanchez, Granero; Baptistao (Sanchez 86), Gerard

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo (Sergi Roberto 59), Pique, Umtiti, Digne (Alba 75); Paulinho, Busquets, Iniesta; Alcacer (Messi 59), Suarez, Coutinho

Derby Catalan La liga Barcelona Espanyol
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan