Espanyol Vs Barcelona: Sekelumit Sejarah Derbi Barceloni

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 04 Februari 2018
Espanyol Vs Barcelona: Sekelumit Sejarah Derbi Barceloni
Lionel Messi dalam Derby Catalan. (zimbio)

BolaSkor.com - Barcelona akan tandang ke kandang RCD Espanyol pada lanjutan La Liga, Minggu (4/2) malam WIB. Duel sekota ini selalu menjadi agenda terpenting kedua kubu.

Sejak kedua klub berdiri seabad silam, persaingan dalam Derbi Barceloni atau Derby Catalan ini selalu sengit karena lebih dari sekadar persaingan di atas lapangan. Pertarungan kedua klub ini lebih daripada sebuah permainan sepak bola.

Barcelona berdiri pada 1899 dan setahun kemudian muncul RCD Espanyol. Kedua kubu pertama kali berduel pada 23 Desember 1900 yang berakhr imbang 0-0. Dari sekitar 117 tahun sejarah derby yang sudah tertulis, dari semua kisah sukses dan kegagalan, baru kali ini tensi yang dirasakan berbeda.

Selama ini, meski sengit dan panas, laga derby menjadi penyatu passion publik Catalunya. Kini dengan masalah politik, atmosfer menjadi berbeda. Baru kali ini pihak keamanan bersiaga satu.

Di atas lapangan, derby Catalan memunculkan banyak bintang. Untuk saat ini tentu saja ada bntang macam Lionel Messi, Luis Suarez, Paulinho, Sergio Busquets, Andres Iniesta, dan Marc-Andre Ter Stegen. Tak ketinggalan Ernesto Valverde, yang pernah bermain dan melatih kedua klub.

Sedangkan di kubu Espanyol, ada Diego Lopez, Sergio Sanchez, Víctor Sanchez, Gerard Moreno, Leo Baptistao, Esteban Granero, dan Sergio Garcia.

Baca juga:

- Ernesto Valverde dan Memori Derbi Barceloni

Jika mundur ke belakang, deretan bintang dan legenda dunia pun menghiasi derby ini. Sebut saja Johan Cruyff, Gamper, Alcantara, Ramallets, Kubala, Suarez, Rexach, Asensi, Neeskens, Quini, Schuster, Maradona, Guardiola, Stoichkov, Romario, Ronaldo, Ronaldinho, Rivaldo, Puyol, Xavi, Guardiola, Iniesta, dan Messi.

Di lain pihak Espanyol juga memunculkan nama-nama besar macam Zamora, Solsona, Maranon, N’Kono, Lauridsen, Ivan de la Pena, dan Raul Tamudo.

Dari sisi prestasi, Barcelona memang jauh lebih unggul daripada rival sekota mereka. Blaugrana hingga saat ini sudah mengoleksi 24 titel La Liga, 24 Copa del Reys, 12 Piala Super Spanyol, lima Liga Champions, lima Piala Super Eropa, empat Piala Winners, tiga Inter-Cities Fairs Cups, dan tiga Piala Dunia Antarklub.

Sedangkan Espanyol baru memenangi tiga Copa del Rey dan dua kali menjadi finalis Piala UEFA Cup.

Berikut data dan fakta menarik Derby Catalan:

Hasil akhir paling sering: 1-0 (19 kali)

Penampil terbanyak:
- Espanyol - Antonio Argiles (25 kali)
- Barcelona: Xavi Hernandez (31)

Hasil dengan selisih terbesar di kandang Espanyol:
Espanyol 6-0 Barcelona (1950/51)

Hasil Derby di La Liga

167 laga - 83 laga di kandang Espanyol

34 Espanyol menang - 25 di kandang Espanyol

36 Imbang - 27 di kandang Espanyol

97 Barcelona menang - 31 di kandang Espanyol

Pencetak Gol Terbanyak dalam Derby
Espanyol: Rafael Maranon (9)
Barcelona: Lionel Messi (18)

Derby Catalan Barcelona Espanyol
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.100

Bagikan