Fakta-fakta Seputar Kegagalan Amerika Serikat

Fakta-fakta Seputar Kegagalan Amerika Serikat Reaksi pemain Amerika Serikat, Christian Pulisic. (Foto: FIFA)

Untuk pertama kalinya sejak debut pada 1986, Amerika Serikat (AS) absen di perhelatan Piala Dunia. AS gagal melaju menyusul kekalahan 1-2 dari Trinidan dan Tobago, Rabu (111/10/17) WIB.

Hasil ini terbilang mengejutkan. Selain karena AS sudah menjadi langganan Piala Dunia dari CONCACAF, secara peluang pun mereka sangat terbuka. Satu-satunya cara AS tersingkir adalah jika mereka kalah dan Panama serta Honduras memetik kemenangan.

ESPN Soccer Power Index menunjukkan hanya tiga persen peluang ketiga semua itu terjadi. Namun, itulah yang terjadi.

Berikut fakta seputar kegagalan AS lolos ke Piala Dunia 2018.

- AS menelan lima kekalahan pada kualifikasi kali ini. Sepanjang sejarah ini adalah kekalahan terbanyak yang ditelan AS dalam satu ajang.

- Sebelum ini, AS hanya menelan dua kekalahan kandang di ajang kualifikasi sejak 1980. Sedangkan untuk kualifikasi Piala Dunia 2018, AS kalah di tangan Meksiko dan Kosta Rika.

- Sebelumnya, AS selalu lolos otomatis dalam tujuh Piala Dunia beruntun. Catatan ini hanya kalah dari Brasil, Jerman, Italia, Argentina, Spanyol, dan Korea Selatan.

- Terakhir kali AS gagal lolos adalah pada Piala Dunia 1986. Kiper AS, Tim Howard menjadi satu-satunya pemain yang sudah lahir ketika itu.

Leave a Comment