BolaSkor.com - Derby London Utara antara Tottenham Hotspur kontra Arsenal akan berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu (10/2) malam WIB. Duel ini bernilai penting bagi kedua kubu untuk bisa mengakhiri musim di empat besar klasemen.

Selaku tuan rumah, Tottenham Hotspur ingin membalaskan kekalahan mereka pada putaran pertama November silam. Itu juga merupakan kekalahan pertama Spurs dari Arsenal dalam tujuh pertemuan. Laga ini juga makin menarik karena menjadi derby pertama yang digelar di Wembley sejak semifinal Piala FA 1993.

Selain itu, meski baru pertama kali tampil dalam Derby London Utara, Pierre-Emerick Aubameyang memiliki catatan apik tiap kali melawan Tottenham.

Berikut fakta-fakta menarik jelang derby London Utara.

1. Laga ini merupakan pertama kalinya kedua kubu bertanding di Wembley sejak April 1993. Kala itu Arsenal menang tipis 1-0 di laga semifinal Piala FA berkat gol Tony Adams.

2. Kedua kubu sudah berduel 194 kali di semua kompetisi. Arsenal unggul dengan 81 kemenangan. Sedangkan Spurs mengoleksi 62 kemenangan.

3. Spurs belum terkalahkan dalam delapan laga terakhir di Premier League. Namun dalam lima laga terakhir, tiga kali mereka hanya menuai hasil imbang.

4. Tottenham tak pernah kalah dalam 12 laga kandang di Premier League, delapan kali menang dalam 10 laga terakhir.

5. Pierre-Emerick Aubameyang sudah mengoleksi empat gol dalam empat penampilan melawan Tottenham, satu di Champions League dan tiga di Liga Europa.

6. Tottenham kebobolan sembilan dari 24 gol di Premier League musim ini atau sekitar 38 persen setelah laga berjalan 75 menit.

7. Harry Kane sudah membuat enam gol dalam enam laga Premier League melawan Arsenal. Dia juga mencetak 21 gol dalam 32 laga derby London di Premier League.

8. Pasukan Arsene Wenger takpernah menang dalam 15 laga tandang di Premier League melawan penghuni enam besar saat ini sejak Januaroi 2015 (imbang enam, kalah sembilan).

9. Arsenal tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir yang berlangsung di Wembley. Mereka memenangkan semua laga tersebut, termasuk dua kali lewat adu penalti.

10. Sejak ditangani Pochettino pada 2014-15, Spurs mencatat rekor kandang terbaik di Premier League saat melawan penghuni enam besar saat ini: 10 menang dan meraih 35 poin dari 18 partai.