BolaSkor.com - Liverpool meraih modal besar untuk lolos ke perempat final Liga Champions. Pada penampilan pertama di babak 16 besar dalam sembilan tahun, Liverpool menang besar 5-0 di Stadion Sao Dragao, markas FC Porto, Kamis )15/2) dini hari WIB.

Dengan lima gol tandang, bisa dikatakan separuh kaki Liverpool sudah berada di babak perempat final. Kemenangan besar Liverpool tak lepas dari penampilan gemilang Sadio Mane yang mencetak hat-trick (25, 53, 85). Dua gol lain dibuat oleh Mohamed Salah (29), dan Roberto Firmino (69).

Tampil di depan publik sendiri, FC Porto sempat melancarkan tekanan kepada Liverpool pada awal laga. Namun kemudian Liverpool bisa keluar dari tekanan dan mulai menghadirkan ancaman ke pertahanan tuan rumah.

The Reds membuka keunggulan pada menit ke-25 lewat Sadio Mane setelah tendangannya dari dalam kotak penalti tak mampu ditepis dengan sempurna oleh kiper Porto, Jose Sa.

Selang empat menit kemudian, Liverpool menggandakan skor lewat Mohamed Salah. Pengumpul gol terbanyak Liverpool itu memanfaatkan bola muntah hasil tendangan James Milner yang membentur mistar gawang.

Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama selesai. Di babak kedua, The Reds tetap mendominasi permainan. Trio Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah terus menggedor lini belakang FC Porto.

Sadio Mane menciptakan gol ketiga pada laga ini pada menit ke-63. Yang disusul oleh gol Roberto Firmino senam menit kemudian. Saat waktu normal tersisa lima menit, Mane kembali membobol gawang Porto sekaligus mencatatkan hat-trick.

Sadio Mane pun menjadi pemain keempat Liverpool yang membuat hat-trick di Liga Champions setelah Michael Owen, Yossi Benayoun, dan Philippe Coutinho.

Susunan Pemain
FC Porto (4-4-2) : 12Jose Sa; 5-Ivan Marcano, 23-Diego Reyes, 13-Alex Telles, 21-Ricardo Pereira; 16-Hector Herrera, 27-Sergio Oliveira, 25-Otavinho (17-Jesus Corona 46), 8-Yacine Brahimi (18-Abdul Waris 62), 29-Tiquinho (14-Goncalo Paciencia 74') , 11-Moussa Marega

Liverpool (4-3-3): 1-Loris Karius, 6-Dejan Lovren, 4 Virgil van Dijk, 26-Andrew Robertson, 66-Treant Alexander-Arnold (12-Joe Gomez 79') 7-James Milner, 5-Georginio Wijnaldum, 14-Jordan Henderson (32-Joel Matip 75'), 9-Roberto Firmino ( 28-Danny Ings 80'), 11-Mohamed Salah, 19-Sadio Mane