Profil: Foden Wonderkid Man City yang Ukir Rekor di Liga Champions

Profil: Foden Wonderkid Man City yang Ukir Rekor di Liga Champions Phil Foden (mancity)

BolaSkor.com - Manchester City baru saja menerima kekalahan pertama mereka usai kalah 1-2 atas wakil Ukraina Shakhtar Donetsk, Kamis (7/12/2017) dini hari WIB. Kekalahan ini menyudahi 29 laga terakhir sekaligus juga rentetan kemenangan dalam 20 laga, namun begitu mereka sudah memastikan tiket ke babak 16 besar dengan status juara grup F Liga Champions.

Di balik kekalahan itu, laga ini justru sangat berkesan bagi salah satu penggawa belia milik Man City Phil Foden. Pasalnya, Foden dipercaya manajer Josep Guardiola tampil sejak awal di starting eleven melawan Shakhtar. Selain Foden, sang pelatih juga menurunkan dua pemain muda lainnya yakni bek Inggris Tosin Adarabioyo dan gelandang Spanyol Brahim Diaz tetapi sebagai pemain pengganti.

Dengan penampilan itu, Foden resmi menjadi pemain asal Inggris termuda yang bermain di Liga Champions. Foden yang berusia 17 tahun 192 hari, melampui catatan sebelumnya yang dipegang Josh McEachran ketika tampil bersama Chelsea kontra Marseille pada tahun 2010 lalu. Sementara itu, rekor pemain termuda masih dipegang oleh Celestine Babayaro, 16 tahun 87 hari, saat memperkuat RSC Anderlecht di musim 1994 silam.

Sejatinya, Foden yang berposisi sebagai gelandang serang ini sudah melakoni debut bersama Man City sebagai pemain pengganti saat mengalahkan Feyenoord bulan November lalu.

Pemain kelahiran tahun 2000 ini, sudah memperkuat Man City sejak masih berusia 9 tahun. Ia mulai mencuri perhatian sepakbola Internasional usai berhasil membawa tim nasional Inggris U-17 keluar menjadi juara Piala Dunia 2017. Pada partai final yang diselenggarakan di India, Foden menunjukkan talenta emasnya dengan turut menyumbang dua gol kemenangan Inggris 5-2 atas Spanyol. Berkat penampilan ciamik itu, ia menyabet gelar Pemain Terbaik di Piala Dunia U-17 tersebut.

"Saya sangat senang dengan Tosin, Brahim dan Phil karena cara mereka bermain di Liga Champions melawan tim yang sangat bagus seperti Shakhtar Donetsk. Mereka sangat ulet dan orang-orang bisa melihat bahwa mereka adalah pemain yang bertalenta," terang Guardiola kepada situs resmi klub.

Guardiola berharap Foden bisa semakin berkembang tiap tahun di Etihad Stadium. Juru taktik asal Spanyol itu memastikan anak asuhnya itu tak akan dilepas kepada klub manapun di sisa musim ini. Bukan tidak mungkin cepat atau lambat pemain yang menonjol dalam menggocek bola ini bakal menembus tim utama The Citizens.

"Jika kami memberikan kepercayaan pemain muda tampil itu karena mereka berhak mendapatkannya. Itu karena bakat yang dimilikinya. Bukan juga karena keinginan saya saja atau statistik belaka. Kami ingin terus mengembangkan bakat pemain muda kami. Tidak hanya bermain satu, dua dan lalu menghilang," ungkapnya.

"Semua manajer di dunia, ketika tim mempunyai akademi pemain muda pasti akan mencari siapa pemain yang berbakat. Setelah itu akan bergantung pada banyak faktor. Semua orang bilang itu tergantung pelatih, tapi bagi saya bagaimana mereka melatih diri sendiri, gaya hidup dan sering berlatih mengasah kemampuannya," tandas mantan pelatih Bayern Muenchen dan Barcelona.

bolaskor

Bolaskor11.037 Posts

Admin Bolaskor.com.

Leave a Comment