BolaSkor.com - Cedera yang berulang membuat Gareth Bale jarang tampil di atas lapangan. Kondisi ini tentu berpengaruh pada kondisi fisik Bale. Butuh waktu untuk kembali ke kondisi siap tanding.

Untuk bisa cepat ke performa terbaiknya, Gareth Bale giat menggenjot fisiknya. Tak terkecuali latihan dengan bantuan teknologi. Salah satunya dengan memakai masker khusus.

Belakangan Bale acap terlihat memakai masker khusus saat melakukan latihan di Valdebebas, tempat latihan Real Madrid. Masker dipakai bukan karena kualitas udara di Madrid buruk, melainkan untuk memacu kapasitas bernapas pemain.

"Topeng ajaib" ini dirancang untuk membantu pemain meningkatkan stamina dan tenaga. Dengan memakai masker, pemain bisa mengatur jumlah oksigen yang masuk.

Pemain mengatur kondisi seperti saat berada di ketinggian 1.000 hingga 5.000 meter di atas permukaan laut. Di Spanyol masker ini masih terbilang jarang yang memakai. Bale sendiri termasuk salah satu yang pertama yang menggunakan masker ini.

Namun di beberapa klub di Inggris sudah lebih dulu memakai masker ini untuk meningkatkan kualitas fisik pemain. Pemain-pemain West Ham United, Crystal Palace, dan Manchester City acap memakai terlihat memakai masker khusus ini.

"Ini sangat membantu kami khususnya pada periode pramusim dan masa pemulihan pemain cedera. Alat ini sangat berguna dan mudah digunakan," ujar Stijn Vandenbrouche, fisio West Ham dikutip Marca.