Gol Juan Mata Dianulir karena VAR, Ini Komentar Unik Jose Mourinho

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 18 Februari 2018
Gol Juan Mata Dianulir karena VAR, Ini Komentar Unik Jose Mourinho
Gol Juan Mata yang dianulir karena VAR (Gareth Copley - Getty Images)

BolaSkor.com - Manchester United sukses mengamankan tiket perempat final Piala FA. Red Devils meraihnya melalui kemenangan 2-0 atas Huddersfield Town di John Smith Stadium, di mana dua gol Man United dicetak oleh Romelu Lukaku.

Man United telah belajar banyak dari pengalaman kekalahan 1-2 dari Huddersfield, di tempat yang sama, di ajang Premier League. Tim besutan Jose Mourinho bahkan bisa saja menang 3-0 apabila gol Juan Mata tidak dianulir wasit laga, Kevin Friend. Golnya dianulir setelah Friend memutuskan untuk berdiskusi dengan wasit yang mengamati rekaman ulang pertandingan, dalam regulasi baru VAR (Video Asisten Wasit).

Padahal, kala Mata menerima bola dari Ashley Young, hakim garis tidak mengangkat bendera karena menilai Mata onside, hingga gelandang serang asal Spanyol mengkonversi peluangnya menjadi gol. Namun, VAR membatalkan gol Mata dan penggunaan VAR masih memicu kontroversi.

Di satu sisi, kemajuan teknologi membuat akurasi atau ketepatan wasit dalam memberi keputusan dengan benar semakin besar. Namun di sisi lainnya, keberadaan VAR juga menghilangkan sisi humanis dalam sepak bola.

Mourinho turut mengomentari kontroversi VAR tersebut. Manajer yang menjuluki dirinya The Special One mendukung adanya teknologi VAR. Tapi, ia juga menilai bahwasanya wasit seharusnya memiliki kuasa penuh untuk memberi keputusan akhir.

Jose Mourinho turut komentari gol Mata yang dianulir karena VAR (Getty Images)

"Perasaan ketika kebenaran muncul itu benar-benar hebat, tapi ada juga masalah, seperti yang terjadi hari ini. Protokol berkata bahwa VAR dibutuhkan untuk situasi 'jelas dan samar', dan kejadian itu (Mata) tidak jelas atau samar. Tapi kami juga tahu, VAR masih diuji coba, dan saya berbicara setelah menang 2-0," tutur Mourinho, diberitakan Goal, Minggu (18/2).

"Saya pikir seharusnya wasit saja yang memutuskan. Lakukan apa yang mereka ingin lakukan, apakah mereka bahagia dengannya, dan apakah mereka ingin bantuan teknologi? Atau mereka ingin hidup dengan kesalahan yang mereka lakukan sebagai manusia?" lanjutnya.

Ditanya lebih lanjut untuk berargumentasi mengenai VAR, Mourinho membalasnya dengan komentar yang unik, "Saya sudah sangat dekat memenangi penghargaan manajer berperilaku terbaik musim ini. Tidak ada yang dapat menghalangi saya untuk meraihnya," canda Mourinho. Di perempat final, Man United akan menjamu Brighton & Hove Albion di Old Trafford.

Piala FA Manchester United Jose Mourinho Juan Mata
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan