Hamilton Diduga Tak Bayar Pajak Jet Pribadinya

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 07 November 2017
Hamilton Diduga Tak Bayar Pajak Jet Pribadinya
Lewis Hamilton berpose di depan pesawat jet pribadinya (Instagram/Lewis Hamilton)

BolaSkor.com - Nama Lewis Hamilton muncul dalam sebuah dokumen yang berisi daftar nama-nama orang kaya di dunia yang diduga mengemplang pajak. Dokumen yang dikenal dengan sebutan Paradise Pappers itu menyebut juara dunia empat kali Formula 1 tersebut sengaja menghindari membayar pajak senilai 3,27 juta pound ketika membeli pesawat jet pribadi.

Hamilton diduga menggunakan sejumlah nama perusahaan penerbangan untuk membeli pesawat pribadi Bombardier CL605 Challenger yang sudah digunakannya sejak 2013. Nama perusahaan itu adalah Stealth Aviation, Stealth Limited, dan BRV. Tujuannya untuk menghindari pajak pertambahan nilai.

Pembelian itu dilakukan melalui perusahaan cangkang yang dibuat untuk menutupi kekayaan seseorang. Perusahaan tempurung adalah sebutan bagi sebuah perusahaan aktif akan tetapi tampak seperti tidak terlihat mempunyai kegiatan usaha ataupun aset.

Perusahaan-perusahaan ini umumnya beroperasi selayaknya perusahaan penanaman modal investasi, pengambilalihan perusahaan atau bertindak selaku Offshore Financial Centres dan pada umumnya perusahaan ini menggunakan badan hukum di Bahamas Islands, Somer's Isles, British Virgin Islands, Channel Islands, dan Cayman Islands.

Setelah ramai diberitakan, nama Hamilton tiba-tiba saja hilang dari daftar Paradise Papers. Belum diketahui penyebabnya. Dokumen tersebut berisi 13,4 juta dokumen dari dua perusahaan cangkang.

Ini bukan kali pertama Hamilton berurusan dengan pajak. Kabarnya, pembalap 32 tahun tersebut memilih tinggal di Monaco dan Swiss untuk menghindari pajak tinggi di Inggris.

"Saya melakoni balapan di 19 negara dan membayar pajak di 20 negara yang berbeda. Saya juga membayar dalam jumlah besar di sini (Inggris). Saya juga membantu menjaga kelangsungan hidup perusahaan dengan 1000 karyawan (team Mercedes F1)," ucap Hamilton saat tersandung masalah pajak awal tahun ini. (k-1)

Lewis hamilton
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan