Hamilton, Pembalap Inggris Tersukses dalam Sejarah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 30 Oktober 2017
Hamilton, Pembalap Inggris Tersukses dalam Sejarah
Juara dunia Formula 1 2017, Lewis Hamilton (zimbio)

BolaSkor.com - Usai sudah pertarungan perebutan gelar juara dunia Formula 1 musim 2017. Superstar Mercedes Lewis Hamilton mengunci gelar keempatnya di ajang balapan jet darat di GP Meksiko, Senin (30/10/17) WIB.

Hamilton pun kini menjadi pembalap Inggris tersukses sepanjang sejarah. Empat gelar juara F1 mengangkat posisi Hamilton ke puncak daftar pembalap Inggris dengan titel terbanyak. Melampaui Sir Jackie Steward yang mengoleksi tiga gelar. Hamilton juga menjadi manusia kelima di dunia yang berhasil meraih empat gelar juara dunia atau lebih.

GP Meksiko diawali dengan drama besar. Dua kandidat terkuat juara dunia Hamilton dan Sebastian Vettel (Ferrari) bersenggolan di Tikungan 3 lap pembuka. Akibat insiden tersebut ban kanan belakang mobil Hamilton pecah tergores ujung sayap depan mobil Vettel. Sedangkan Vettel juga mengalami kerusakan parah pada sayap depannya.

"Saya tidak mengerti apa yang terjadi Tikungan 3. Saya memberinya (Vettel) ruang sangat luas di sana," ucap Hamilton usai balapan.

Akibatnya, kedua pembalap harus masuk kembali ke pit stop untuk mengganti kerusakan tersebut. Begitu kembali ke trek Vettel berada di posisi 19 dan Hamilton 20 atau paling buncit.

Perburuan dimulai. Hamilton hanya butuh finis kelima untuk mengunci gelar. Sementara Vettel wajib juara atau minimal finis runner up untuk menunda pesta kemenangan Hamilton musim ini.

Setelah melewati banyak pertarungan Vettel akhirnya finis di posisi keempat. Berarti dia berhasil naik 15 posisi dari posisinya di awal lomba. Sementara Hamilton finis di posisi sembilan. Atau naik 11 posisi.

Hasil tersebut cukup bagi Hamilton mengamankan gelar juara keempatnya di Formula 1. Masih ada dua balapan lagi di Brasil dan Abu Dhabi, namun perolehan poin Hamilton sudah tak terkejar lagi. Hamilton unggul 56 poin setelah GP Meksiko. Sementara dua seri terakhir hanya tersisa 50 poin yang bisa diperebutkan.

"Terima kasih Mercedes untuk empat tahun yang luar biasa ini," ucap Hamilton.

GP Meksiko dimenangi Max Verstappen (Red Bull). Ini menjadi kemenangan ketiga sepanjang karirnya di F1. Di posisi runner up ada pembalap Mercedes Valtteri Bottas dan menggenapi podium ketiga adalah Kimi Raikkonen (Ferrari). (k-1)

F1 Lewis hamilton
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan