Hasil Penelitian UEFA, Manchester United Raih Pendapatan Terbesar di Eropa

Andityas PradiptaAndityas Pradipta - Rabu, 17 Januari 2018
Hasil Penelitian UEFA, Manchester United Raih Pendapatan Terbesar di Eropa
logo UEFA (ist)

BolaSkor.com - UEFA merilis sebuah penelitian mengenai musim kompetisi 2016/2017, perihal keuangan tim Raksasa sepak bola Eropa dan pengeluaran untuk gaji pemain.

Menurut penelitian UEFA tersebut klub Inggris Manchester United terbukti menjadi klub dengan pendapatan terbesar di seluruh Eropa dengan keuangan mencapai 689 juta euro (Rp11 triliun). Mereka mengalahkan dua raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid yang sama-sama meraup 620 juta euro (Rp9,9 triliun). Diikuti Bayern Muenchen sebesar 592 juta euro (Rp9,5 triliun) dan Paris Saint-Germain senilai 542 juta euro (Rp8,7 triliun).

Namun, keuangan Manchester United juga mencatatkan utang bersih terbesar di benua Eropa. Setan Merah mempunyai utang bersih sebesar 561 juta euro adalah yang terbesar di Eropa, jauh lebih tinggi dari pada Benfica, Inter Milan, Juventus dan Liverpool.

Selain itu, kompetisi Premier League untuk pertama kali dalam sejarah, rata-rata tagihan gaji klub sebesar 153 juta euro, atau jauh dua kali lipat dari bayaran tertinggi berikutnya Bundesliga yang hanya sebesar 75,3 juta euro. Sementara itu, Manchester City membayar gaji para pemain sebesar 362 juta euro, melampaui Real Madrid yang hanya mengeluarkan dana untuk gaji pemain sebesar 334 juta euro.

Sedangkan Arsenal merupakan klub yang mendapat uang paling banyak dari para penggemar mereka. UEFA mengumumkan bahwa klub asal London Utara itu mendapatkan 97,8 euro per penonton yang merupakan jumlah tertinggi di Eropa, diikuti oleh Chelsea, Real Madrid, Liverpool, Bayern Muenchen, Manchester United, Barcelona, Galatasaray, dan Manchester City.

UEFA
Posts

239

Bagikan