BolaSkor.com - Indonesia terpilih sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023. Indonesia bersanding dengan Jepang dan Filipina yang juga ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kepastian tersebut didapat saat putaran final pemilihan calon tuan rumah Piala Dunia FIBA di Jenewa, Swiss, Sabtu (09/12/17) kemarin. Dengan begitu, ketiganya jelas mengalahkan para pesaing, seperti Argentina dan Uruguay, yang juga mencalonkan menjadi tuan rumah bersama.

Untuk Indonesia, ini pertama kalinya menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA. Tak hanya itu, pada tahun 2023 nanti, untuk pertama kalinya tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA lebih dari satu negara.

"Kita telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah, dan Indonesia bersama Filipina dan Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," kata Sekjen FIBA, Patrick Baumann, dikutip dari rilis FIBA yang didapat awak media.

Menurut Presiden Asosiasi Basket Asia Tenggara (SEABA), Erick Thohir, ini bukan hanya sejarah baru bagi Indonesia. Namun juga bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia.

"Ini bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. Dan kita harus menjawab kepercayaan ini dengan menjadi tuan rumah yang baik. Ini juga sejalan dengan keinginan Pemerintah, yang ingin lebih sering menggelar kejuaraan internasional. Keberhasilan ini juga membuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga yang lebih tinggi dan bergengsi lainnya seperti olimpiade maupun piala dunia sepak bola di masa mendatang," kata Erick Thohir.

"Apalagi kita memiliki venue Asian Games yang harus dimanfaatkan. Jangan sampai venue tersebut terlantar. Sebagai bangsa kita patut bangga karena ini salah satu ajang paling bergengsi dan tentunya dapat dimanfaatkan secara positif," tutupnya.

Sebelumnya, Piala Dunia Bakset FIBA digelar tahun 2014 di Spanyol, serta pada tahun 2019 akan di gelar di Cina.