Ini Aturan Kompetisi Gojek Traveloka Liga 2

Ini Aturan Kompetisi Gojek Traveloka Liga 2

Ini Aturan Kompetisi Gojek Traveloka Liga 2- Operator pertandingan Gojek Traveloka Liga 2 mengeluarkan beberapa aturan baru bagi kompetisi sepak bola Indonesia kasta kedua tersebut. Kompetisi Gojek Traveloka Liga 2 musim 2017 saat ini akan di ikuti oleh 60 tim klub kasta kedua sepakbola Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Managers Meeting kontestan Gojek Traveloka Liga 2 di Makostrad pada Kamis (30/03/17). Di antaranya terkait pembagian grup 60 tim peserta kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia. Jumlah tersebut berkurang satu lantaran Persiwa Wamena dipastikan absen pada kompetisi musim ini.

Tidak jelas apa alasan Persiwa urung ambil bagian. Tapi yang pasti, PSSI sebagai induk organisasi tertinggi sepakbola Indonesia sudah ketuk palu untuk mendegradasi Persiwa ke kasta paling bawah. Nantinya, Liga 2 musim ini terbagi ke dalam delapan grup. Setiap grup diisi oleh tujuh dan delapan tim.

Sistem pertandingan tetap home and away. Namun khusus untuk Grup 8 yang mayoritas diisi oleh tim asal Indonesia timur, akan diterapkan home tournament. Ke semua pertandingan di grup ini akan dimainkan di Jayapura dengan tetap setiap tim akan bertemu dua kali dalam satu musim. Dua tim teratas di masing-masing grup berhak lolos ke babak 16 besar.

Untuk babak selanjutnya, akan dibagi lagi menjadi empat grup. Kemudian dilanjutkan ke babak perempat final, semifinal, hingga final. Sedangkan untuk peringkat ketiga dan keempat di masing-masing grup akan menjalani babak play-off (16 besar) memperebutkan lima tiket untuk bertahan di Liga 2 musim depan.

Singkatnya, Liga 2 musim ini bisa dikatakan sebagai wadah "seleksi alam". Bagaimana tidak, karena mulai musim depan (2018), kontestan Liga 2 hanya akan berjumlah 24 tim. Artinya akan ada 36 tim yang terdegradasi dan harus rela berkompetisi di kasta ketiga atau Liga 3. Di bawah Liga 3 nantinya juga akan diputar Liga 4 atau Liga Nusantara.

Artinya semua tim dituntut konsisten menampilkan kemampuan terbaik sepanjang kompetisi jika ingin bertahan bahkan naik ke level tertinggi. Sementara jika tidak, dipastikan tergusur ke kasta bawah.

"Tiga tim teratas (peringkat 1, 2 ,3) otomatis promosi ke Liga 1. Sementara yang terdegradasi ke Liga 3 berjumlah 36. Karena musim depan dipastikan yang berlaga di Liga 2 hanya 24 tim," ujar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Berlington Siahaan.

Coba Juga: Permainan Game Online Terbaru

dimas

satria1.687 Posts

Talk Less, Do More #LetsMove

Leave a Comment