Jika Katalonia Merdeka, Klub Lain Bisa Gaet Messi Gratis

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 05 Januari 2018
Jika Katalonia Merdeka, Klub Lain Bisa Gaet Messi Gratis
Lionel Messi (zimbio)

BolaSkor.com - Fans Barcelona bernapas lega saat Lionel Messi akhirnya menandatangani kotrak baru pada November 2017 lalu. Namun belakangan terkuak adanya klausul dalam kontrak yang bisa menjadi petaka buat klub berjuluk Blaugrana.

Klausul dalam kontra Messi terkait dengan situasi politik di Katalonia. Harian El Mundo melaporkan, sesuai kontrak, bintang Argentina tersebut menemukan rute atau cara untuk bisa keluar dari Barcelona tanpa adanya kompensasi.

Pasalnya dalam kontrak barunya, Messi hanya bersedia bersama Barcelona saat Katalonia merdeka jika klub menjadi bagian dari sistem kompetisi Spanyol, Prancis, Inggris, atau Jerman. Ini sejatinya Messi menyatakan dia akan keluar jika Katalonia merdeka.

Pasalnya, opsi Barca bergabung dengan kompetisi di luar Spanyol dinilai tak memungkinkan karena terganjal hukum olahraga yang berlaku. Sementara akan sulit jika Barcelona tetap berada di La Liga, kompetisi di negara yang mereka tinggalkan.

Jika ini terjadi, klausul pelepasan Messi yang mencapai 700 juta euro tak akan berlaku dan si pemain dapat pergi secara gratis. Jika melihat hukum olahraga yang berlaku di Spanyol, Barcelona secara otomatis akan keluar dari La Liga jika Katalonia merdeka.

Jika Katalonia menjadi negara sendiri, mereka harus membentuk federasi sepak bola sendiri dan tak lagi mewakili Spanyol. Otomatis klub akan ada di bawah federasi sepak bola Katalonia, bukan RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol).

Barcelona Lionel Messi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan