Karir Timnas Iker Casillas Terancam Berakhir

satriasatria - Kamis, 25 Agustus 2016
Karir Timnas Iker Casillas Terancam Berakhir
©REUTERS

Karir Timnas Iker Casillas Terancam Berakhir- Pelatih baru tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, berpeluang besar tak menyertakan nama Iker Casillas dalam daftar skuat yang ia persiapkan untuk pertandingan jeda internasional pada awal September ini.

Posisi penjaga gawang nomor satu Tim Matador memang diperebutkan oleh Casillas dan kiper Manchester United, David De Gea, pada Piala Eropa 2016, dan kini Lopetegui bisa tak menyertakan Casillas sama sekali.

Posisi penjaga gawang nomor satu Tim Matador memang diperebutkan oleh Casillas dan kiper Manchester United, David De Gea, pada Piala Eropa 2016, dan kini Lopetegui bisa tak menyertakan Casillas sama sekali.

Dikabarkan AS, hal ini dikarenakan Lopetegui ingin membentuk timnya sendiri yang lepas dari bayang-bayang "masa lalu" generasi emas Spanyol yang merebut dua kali Piala Eropa dan satu kali Piala Dunia dalam delapan tahun terakhir.

Menurut Lopetegui, Spanyol membutuhkan darah segar setelah kegagalan mereka lolos dari fase grup di Piala Dunia 2014 dan juga ditekuk Italia di 16 Besar Piala Eropa 2016.

"Spanyol telah mendominasi dunia sepak bola selama satu dekade, dan kemudian datang dua kejuaraan yaitu Piala Dunia dan Piala Eropa yang tidak bisa kami kuasai," kata mantan manajer FC Porto tersebut, seperti dikutip dari ESPN FC.

"Ini kenyataannya, dan sekarang kami harus menghadapi kualifikasi Piala Eropa 2018 yang akan berjalan berat. Anda membutuhkan penyegaran yang konstan. Spanyol memiliki generasi terbaik dalam sejarah, tapi [Carles] Puyol, Xavi Hernandez tidak lagi ada di sini. Anda tak bisa terus tinggal dalam masa lalu."

Bersama dengan Puyol dan Xavi, Casillas menjadi bagian tak tergantikan tim generasi lama tersebut. Casillas sendiri telah membela timnas Spanyol selama lima belas tahun sejak ia menjalani laga perdananya pada 2000 silam.

Lopetegui menyatakan bahwa ia memahami arti Casillas bagi timnas Spanyol, tapi tak mungkin memilih pemain berdasarkan nama besar semata.

"Saya sangat paham apa yang Iker Casillas telah menangi, saya sangat hormat dan juga berterima kasih untuk semua pencapaian dan juga komitmennya pada tim nasional. Tapi saya tak mungkin mengambil keputusan berdasarkan hal itu. Saya akan mengambilnya berdasarkan performa," kata Lopetegui.

"Anda memang harus hormat kepada para pemain yang membangun sebuah era bersama timnas Spanyol, termasuk di antaranya Casillas. Tapi saya menegaskan bahwa kriteria pertama untuk masuk skuat adalah performa, dan hal itu lebih penting ketimbang rasa hormat untuk karier para pemain itu."

Sumber : ESPN FC, AS
Timnas Spanyol Iker Casillas
Ditulis Oleh

satria

Talk Less, Do More #LetsMove
Posts

1.688

Bagikan