Keinginan Presiden FIFA, Jumlah Peserta Piala Dunia Menjadi 48 Negara

genjigenji - Kamis, 08 Desember 2016
Keinginan Presiden FIFA, Jumlah Peserta Piala Dunia Menjadi 48 Negara
©getty-images

Keinginan Presiden FIFA, Jumlah Peserta Piala Dunia Menjadi 48 Negara-Presiden FIFA, Gianni Infantino, Dia mendukung agenda menambah kontestan turnamen akbar itu menjadi 48 negara.

Sebanyak 48 negara peserta kelak akan dibagi ke dalam 16 grup. Masing-masing grup disii oleh 3 negara saja.

Selanjutnya, dua tim teratas pada setiap grup akan melaju ke babak 32 besar. Sistem knock-out atau turnamen putaran final sebenarnya baru berlaku sejak fase tersebut.



Format anyar itu otomatis bakal menambah jumlah pertandingan dibandingkan sistem yang berlaku sekarang.

Sejak 1998, putaran final Piala Dunia diikuti oleh 32 negara yang dibagi menjadi 8 grup beranggotakan masing-masing 4 tim.

Dua negara teratas lolos ke babak 16 besar. Setelah melalui pengkajian intensif, rencana ekspansi ini kabarnya telah disetujui Infantino.

"Ide pembaruan ini adalah cara terbaik untuk menemukan solusi. Niat FIFA adalah mengembangkan sepak bola di seluruh penjuru dunia. Piala Dunia lebih dari sebuah kompetisi, melainkan juga sebuah event sosial," ucap Infantino di BBC Sport, Oktober lalu.

Menurut AP, format anyar tersebut akan diberlakukan mulai Piala Dunia 2026. Infantino bakal menyampaikan proposal ekspansi turnamen ini kepada Dewan FIFA pada 9-10 Januari 2017.

World Cup Gianni Infanino Fifa
Ditulis Oleh

genji

Posts

295

Bagikan