Ketika Virus Kemandulan Melanda Penyerang Papan Atas La Liga

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 07 November 2017
Ketika Virus Kemandulan Melanda Penyerang Papan Atas La Liga
Penyerang Barcelona Luis Suarez (ZImbio)

BolaSkor.com - Fenomena menarik mencuat di La Liga musim ini. Fenomena yag terjadi bisa tercermin dari daftar pencetak gol terbanyak alias El Pichichi musim ini yang dihuni nama-nama "asing".

Di puncak daftar memang ada nama Lionel Messi yang sudah mengoleksi selusin gol di La Liga musim ini. Namun di bawah Messi tak ada lagi nama Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, atau Luis Suarez.

Yang ada justru penyerang Valencia Simone Zaza di peringkat kedua dengan sembilan gol. Disusul Cedric Bakambu (Villarreal) dengan delapan gol serta Rodrigo Moreno (Valencia) dan Antonio Sanabria (Real Betis) yang sama-sama mengoleksi enam gol.

Lalu di mana nama-nama penyerang tenar yang biasa bersaing ketat dengan Messi? Dalam daftar Pichichi sementara, Suarez saat ini ada di urutan 22, Griezmann (37), sedangkan Ronaldo terjerembab di posisi ke-70.

Di kubu Barcelona, Suarez yang dua musim lalu menjadi penymbang gol terbanyak klub, belum juga menemukan tajinya musim ini. Suarez kini sudah mencatat lima laga tanpa gol di semua kompetisi.

Virus kemandulan juga mendatangi mesin gol Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Penyerang yang menjadi buruan klub besar pada bursa transfer lalu baru mengemas dua gol.

Sementara itu Ronaldo yang selama ini bersaing untuk mencetak rekor gol dengan Messi sedang berkutat dengan rasa frustrasi. Hingga saat ini penyerang asal Portugal itu baru membuat sebiji gol. Pada Minggu (05/11/17), Ronaldo mencatat nihil gol saat Madrid menang 3-0 atas Las Palmas, meski memilki banyak peluang.

Rasa frustrasi Ronaldo sangat terlihat di atas lapangan. Contohnya saja saat dalam laga kontra Las Palmas. Ronaldo terlihat dingin dan tak ikut merayakan gol ketiga yang dibuat Isco. Gol yang tercipta berkat assistnya.

"Ronaldo pulang ke rumah marah saat tak membuat gol. Tapi itu yang membuatnya beda," kata Sergio Ramos, kapten Madrid seperti dikutip Marca.

Selain Ronaldo, virus juga menjangkiti Karim Benzema yang juga baru membuat satu gol di La Liga musim ini. "Cristiano dan Karim akan mencetak gol cepat. Kami tak khawatir kakalu mereka hanya membuat beberapa gol. Karena mereka berdua bisa membuat perbedaan dan selain itu yang terpenting adalah kemenangan," urai Ramos lagi.

Banyak yang bisa menjadi penyebab dari munculnya fenomena ini. Mulai dari cedera, tekanan mental, hingga perubahan taktik yang diterapkan pelatih. Menarik ditunggu siapa dari penyerang tersebut yang bisa lepas dari virus minim gol.

La liga Luis Suarez Cristiano Ronaldo
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.058

Bagikan