BolaSkor.com - Tahun 2017 tinggal menghitung hari. Berbagai peristiwa dan momen bersejarah mewarnai sepanjang tahun ini, khususnya di dunia sepak bola internasional. Mulai dari sejumlah klub yang sukses menjadi kampiun di kasta teratas liga-liga besar Eropa. Hingga transfer pemain yang memecahkan rekor dunia.

Berikut ini BolaSkor.com merangkum beberapa peristiwa menarik dan momen penting yang menjadi perhatian dunia sepak bola internasional pada Januari hingga Juni 2017:

Januari 2017

Cristiano Ronaldo Raih Gelar Pemain Terbaik FIFA 2016

Superstar Real Madrid, Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2016 pada 9 Januari 2017. Ronaldo mengalahkan dua pesaingnya yang sama-sama berkompetisi di La Liga, yakni Lionel Messi (FC Barcelona) dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid).

Keberhasilan ini tak lepas dari kontribusinya meraih trofi Liga Champions musim 2015-2016. Sedangkan dengan Portugal, Ronaldo turut mengangkat Piala Eropa 2016.

Claudio Ranieri Jadi Pelatih Terbaik FIFA 2016

Manajer Leicester City, Claudio Ranieri meraih penghargaan Pelatih terbaik FIFA 2016 yang berlangsung di Zurich, Swiss, 9 Januari 2017. Penghargaan tersebut diterima Ranieri karena membantu Leicester City meraih gelar Premier League 2015-2016. Gelar tersebut menjadi yang pertama diraih The Foxes dalam 133 tahun.

Ranieri mengalahkan dua kandidat kuat seperti Fernando Santos yang membantu tim nasional Portugal meraih gelar Piala Eropa 2016 serta Zinedine Zidane yang membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions 2015-2016 dan Piala Super Eropa 2016.

Juventus Luncurkan Logo Baru

Juventus resmi memperkenalkan logo baru, Senin (16/1) malam, waktu setempat di kota Milan. Logo bermotif hitam putih membentuk huruf J akan digunakan pada kostum Bianconeri pada Juli 2017. Warna hitam dan putih tetap digunakan di logo baru tersebut

Februari 2017

Kamerun Juara Piala Afrika 2017

Kamerun berhasil meraih gelar kelima di Piala Afrika setelah di partai final mengalahkan Mesir dengan skor 2-1. Sempat tertinggal oleh gol Elneny, Kamerun akhirnya mengejar lewat 2 gol yang dicetak oleh N'Kolou dan Aboubakar.

April 2017

Milan Resmi Dijual ke Konsorsium China

Klub besar Italia AC Milan akhrinya resmi dilepas ke konsorsium asal China yang dipimpin oleh pengusaha Yonghong Li. Silvio Berlusconi sebagai pemegang saham mayoritas Milan melepasnya dengan nilai 740 juta euro (sekitar Rp 10,4 triliun).

Tuntasnya akuisisi tersebut sekaligus menjadi penanda berakhirnya era Silvio Berlusconi sejak tahun 1980, yang sukses menyulap I Rossoneri menjadi salah satu tim terbaik di Eropa.

Bayern Munchen Raih Juara Bundesliga 2016-2017

Bayern Munchen keluar sebagai juara Bundesliga musim 2016-2017. Tim asal Bavaria itu juga menorehkan prestasi menjadi tim pertama di kompetisi Bundesliga yang mampu meraih juara lima kali berturut-turut.

Kini Bayern telah membukukan 27 gelar Bundesliga sekaligus tim yang paling banyak mengumpulkan gelar di Liga Jerman.

Mei 2017

Juara Ligue 1, AS Monaco Patahkan Dominasi Paris Saint-Germain

AS Monaco secara mengejutkan mampu mematahkan dominasi rival mereka Paris-Saint-Germain yang empat musim beruntun selalu menjadi juara. Monaco memastikan gelar setelah mengalahkan Saint-Etienne 2-0 Stade Louis II.

Dua gol Monaco dicetak oleh Kylian Mbappe dan Valere Germain. Bagi AS Monaco, ini menjadi gelar Ligue 1 kedelapan sepanjang sejarah klub itu berdiri.

Feyenoord Juara Eredivisie Belanda musim 2016-2017

Feyenoord menjuarai gelar Eredivise Belanda setelah bersaing ketat dengan Ajax Amsterdam. Pasalnya tim asuhan pelatih berdarah Ambon Giovanni van Bronckhorst, yang mengumpulkan total 82 poin hanya terpaut satu angka dengan Ajax.

Ini merupakan gelar pertama Feyenoord sejak terakhir mereka raih pada 18 tahun lalu. Total mereka telah menjuarai sebanyak 15 sepanjang sejarah klub.

Chelsea Rengkuh Titel Juara Premier League musim 2016-2017

Kompetisi musim 2016-2017 menjadi milik Chelsea. Tim berjuluk The Blues ini memastikan juara untuk keenam kalinya ini usai menang tipis lewat gol tunggal Michy Batshuayi dengan 1-0 atas West Bromwich Albion.

Bagi manajer Antonio Conte kesuksesan ini mengikuti pendahulunya yakni Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti ynag berhasil membawa Chelsea juara di musim pertamanya di Premier League.

Arsenal Juara Piala FA musim 2016-2017

Arsenal menumbangkan Chelsea 2-1 dalam laga final Piala FA 2016-2017 di Stadion Wembley, London, Sabtu (27/5). Gol kemenangan Arsenal diciptakan oleh Alexis Sanchez dan Aaron Ramsey. Chelsea hanya bisa membalas lewat gol Diego Costa.

Ini menjadi gelar ke-13 bagi The Gunners serta ketujuh untuk Arsene Wenger selama kepelatihannya di Premier League.

Juventus Juara Coppa Italia dan Serie-A 2016-2017

Juventus untuk ketiga kalinya secara berturut-turut berhasil mempertahankan gelar Coppa Italia usai mengalahkan Lazio di babak final, berlangsung di Stadion Olimpico, 18 Mei 2017. Gol kemenangan tim berjuluk La Vecchia Signora lahir dari aksi Dani Alves dan Leonardo Bonucci.

Juventus mengukir rekor baru di sepak bola Italia dengan berhasil meraih scudetto keenam secara beruntun. Sebelumnya, pasukan Massimiliano Allegri juga merengkuh juara Coppa Italia di musim 2016-2017.

Bagi Juventus, ini adalah scudetto ke-33 di kasta tertinggi Italia. Mereka menjadi tim pertama dalam sejarah yang bisa meraih enam scudetto secara beruntun.

Real Madrid Kunci Gelar La Liga musim 2016-2017

Real Madrid mengunci gelar La Liga setelah menumbangkan Malaga dengan skor 2-0. Dua gol dicetak Ronaldo dan Karim Benzema. Madrid mengakhiri musim dengan perolehan 93 poin atau unggil tiga poin dari seteru abadi Barcelona di akhir musim. Dengan gelar ini, maka Los Blancos telah menyabet sebanyak 33 trofi La Liga.

Manchester United Juara Europa League musim 2016-2017

Manchester United berhasil merengkuh trofi Europa League setelah mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 berkat gol Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan, di Stadion Friends Arena, Stockholm, Swedia, 24 Mei 2017. Bagi Setan Merah ini gelar pertama sepanjang sejarah berdiri klub tersebut.

Man United mengikuti jejak catatatn prestasi Juventus, Ajax, Bayern Muenchen, dan Chelsea yang mampu memenangi tiga gelar juara kompetisi utama di Eropa, termasuk Liga Champions (European Cup) dan Cup Winners Cup yang kini sudah dihapus.

Juni 2017

Raih Liga Champions musim 2016-2017, Real Madrid Cetak Sejarah

Real Madrid sukses mengukir sejarah setelah meraih gelar Liga Champion secara beruntun setelah mengalahkan Juventus di laga final dengan skor 4-1, 3 Juni 2017.

Pada laga final yang diselenggarakan di Stadion Millenium itu bintang El Real Cristiano Ronaldo mencetak dua gol serta dua gol lainnya disumbangkan oleh Casemiro dan Marco Asensio. Adapun gol balasan Juventus dibukukan Mario Mandzukic. Inilah gelar ke-12 Real Madrid sepanjang sejarah Piala Champions dan Liga Champions. (Andityas P)