BolaSkor.com - Pada Januari hingga Juni 2017 diwarnai keberhasilan klub-klub ternama menjuarai kompetisi di negara masing-masing. Chelsea menjadi kampiun Premier League Inggris, Juventus juarai Serie A Italia, Monaco rajai Ligue 1, dan Bayern kuasai Bundesliga.

Pada paruh kedua 2017, diwarnai dengan gelaran kancah internasional dengan adanya ajang Piala Konfederasi. Pada periode ini juga tercatat beberapa rekor individu yang dibuat oleh bintang-bintang lapangan hijau.

Berikut ini BolaSkor.com merangkum beberapa peristiwa menarik dan momen penting yang menjadi perhatian dunia sepak bola internasional pada Juli hingga Desember 2017:

Juli 2017

Timnas Jerman Juara Piala Konfederasi 2017

Timnas Jerman untuk pertama kalinya menjuarai Piala Konfederasi. Pasukan Joachim Loew menaklukkan timnas Cile dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Die Mannschaft disarangkan Lars Stindl. Sementara itu, peringkat ketiga berhasil ditempati Timnas Portugal setelah menaklukkan Meksiko dengan skor 2-1.

Agustus 2017

Real Madrid Juara Piala Super Eropa 2017

Real Madrid meraih gelar Piala Super Eropa 2017 setelah mempermalukan Manchester United dengan skor 2-1 di Arena Philip II, 9 Agustus 2017. Pada pertandingan ini, dua gol Madrid masing-masing disumbangkan Casemiro dan Isco . Sementara MU hanya mampu menghasilkan gol melalui Romelu Lukaku.

Bagi Madrid, ini merupakan gelar keempat di Piala Super Eropa. Klub berjuluk Los Blancos sukses merebut trofi tersebut pada 2002, 2014, dan 2016.

Kandaskan Juventus, Lazio Rebut Piala Super Italia

Lazio berhasil merebut gelar Piala Super Italia 2017. Biancocelesti menkandaskan Juventus 3-2 di Olimpico, 14 Agustus 2017. Lazio unggul dua gol lewat torehan Ciro Immobile di menit 32 dan 54. Dua gol Paulo Dybala di menit 85 dan 90+1 membuat Juve menyamakan kedudukan. Alessandro Murgia memastikan kemenangan Lazio di menit 90+3.

Oktober 2017

Cristiano Ronaldo Pemain Terbaik FIFA 2017

Cristiano Ronaldo meraih penghargaan pemain terbaik dalam acara The Best FIFA Football Awards 2017 di London, Inggris, Senin 23 Oktober 2017. Bintang Real Madrid dan timnas Portugal itu mengalahkan Lionel Messi dan Neymar. Penghargaan ini sekaligus mempertahankan gelar The Best FIFA Men's Player yang diraihnya tahun lalu.

Zinedine Zidane Pelatih Terbaik FIFA 2017

Penghargaan untuk kategori Pelatih Terbaik Putra diraih oleh Zinedine Zidane yang sukses mengantar Real Madrid memenangi La Liga dan Liga Champions. Pelatih asal Prancis ini mengalahkan Massimiliano Allegri dan Antonio Conte.

Gianluigi Buffon Kiper Terbaik FIFA 2017

Predikat Kiper Terbaik diberikan kepada penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon. Ini merupakan pertama kalinya, penghargaan The Best FIFA Football Awards memasukkan kategori Kiper Terbaik Kiper Italia berusia 39 tahun itu mengungguli uffon Keylor Navas (Real Madrid, Kosta Rika) dan Manuel Neuer (Bayern Munich, Jerman).

November 2017

Cristiano Ronaldo Sabet Trofi Ballon d'Or 2017

Cristiano Ronaldo akhirnya berhasil mengoleksi lima trofi pemain terbaik kelima kalinya pada gala penghargaan yang digelar di Paris, Jumat 8 November 2017. Ia mengalahkan dua kandidat lain, Lionel Messi dan Neymar untuk menyabet trofi Ballon d'Or musim 2016-2017. Empat trofi Ballon d'Or sebelumnya berhasil diraih Ronaldo pada tahun 2008, 2013, 2014 dan 2016.

Desember 2017

Lionel Messi Pecahkan Rekor Gol Gerd Muller

Bintang Barcelona Lionel Messi mematahkan rekor gol Gerd Mueller yang menyumbangkan 525 untuk klubnya Munchen. Messi menjadi pemain yang membukukan gol terbanyak selama membela satu klub di lima liga top Eropa.

Messi kini telah mencetak total 526 gol untuk Blaugrana. La Pulga mencetak catatan sejarah gol itu, saat memenangkan laga El Clasico kontra Real Madrid dengan skor akhir 3-0, 23 Desember 2017.

Selain itu, Messi menasbihkan dirinya sebagai raja gol di El Clasico dengan koleski 25 gol. Selain itu, bomber berusia 30 tahun itu kini menjadi pemain yang paling doyan mencetak gol ke gawang Los Blancos sebanyak 17 gol.


Kane Jadi Pemain Tersubur Eropa di Satu Tahun Kalender 2017

Harry Kane berhasil torehkan pemain tersubur tahun ini setelah mencetak 56 gol dalam 52 penampilan dalam tahun kalender 2017 bersama Tottenham Hotspur dan tim nasional Inggris di berbagai ajang.

Torehan pemain Inggris tersebut paling banyak ketimbang pemain lainnya di lima liga top Eropa, serta mengakhiri dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selama satu dekade terakhir.

Tak hanya itu, ia berhasil melewati rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu tahun di Premier League milik Alan Sherarer dengan koleksi 35 gol. Kane memiliki 39 gol dalam 36 laga di kancah domestik.

Manchester City Samai Rekor Kemenangan Tandang Beruntun Chelsea

Kemenangan Manchester City 1-0 saat tandang ke markas Newcastle United. Dalam pertandingan di St James' Park, 28 Desember 2017, membuat The Citizens mencatatkan 11 kemenangan tandang beruntun di kompetisi Premier League. Mereka menyamai rekor yang dibuat Chelsea pada April-Desember 2008.

Selain itu, ini juga merupakan kemenangan ke-18 secara beruntun Man City di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Sergio Aguero dkk kini tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk menyamai rekor kemenangan beruntun di Eropa yang diukir Pep Guardiola bersama Bayern Munchen. (Andityas P)