Kisah Unik I Komang Putra: Tinggalkan Resepsi Pernikahannya demi Jaga Gawang PSIS

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 24 Desember 2017
Kisah Unik I Komang Putra: Tinggalkan Resepsi Pernikahannya demi Jaga Gawang PSIS
I Komang Putra (kanan) bersama tim medis Persis Solo saat berada di bench Stadion Manahan Solo, beberapa waktu lalu. (BolaSkor.com/Nofik Lukman)

BolaSkor.com - Keberhasilan PSIS Semarang kembali ke pentas tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia bukan hanya membuat gembira para pendukungnya. Deretan pemain maupun pelatih yang pernah menjadi bagian skuat Mahesa Jenar juga ikut merayakannya.

Hal ini diungkapkan kiper asal Bali, I Komang Putra Adnyana. Pria kelahiran Denpasar, 6 Mei 1972 ini ikut bahagia melihat PSIS bisa mengarungi masa-masa kelam di Liga 2 musim lalu. Menurutnya, momentum promosi harus dimanfaatkan PSIS sebagai pelecut semangat untuk kembali berprestasi di kompetisi Tanah Air.

"Sebagai pemain yang sangat lama berbaju PSIS tentu ikut merasakan kegembiraan itu. PSIS punya sejarah panjang. Sudah seharusnya mereka ada di kasta tertinggi," kata I Komang Putra kepada Bolaskor.com.

Ada banyak cerita yang dikenang Komang semasa menjaga gawang PSIS dari serbuan penyerang lawan. Kali pertama Komang membela PSIS musim 1998-2000. Kala itu, ia pindah ke Semarang bersama Agung Setyabudi, setelah klub yang membesarkannya, Arseto Solo dibubarkan.

Gelar juara pun dirasakannya bersama Mahesa Jenar pada musim kompetisi 1998/1999. Komang tampil impresif sepanjang musim, serta sukses mengamankan gawang PSIS dari kebobolan pada partai final melawan Persebaya di Stadion Klabat Manado, 9 April 1999. Satu gol Tugiyo menit ke-89 memastikan PSIS jadi yang terbaik.

Sayangnya, semusim kemudian peforma PSIS justru anjlok. PSIS hanya meraih enam kemenangan dalam semusim dan terdegradasi ke Divisi I.

Namun, ada cerita menarik di balik kemenangan PSIS atas PKT Bontang 2-1 pada 18 Mei 2000. Ternyata, pada hari yang sama Komang melangsungkan resepsi pernikahan di Solo.

IKP saat bersama para penggawa Mitra Devata dalam pertandingan persahabatan di Lombok, beberapa waktu lalu. (BolaSkor.com/Istimewa)

Totalitas Komang bersama PSIS pun terlihat. Sebelum acara resepsi selesai, Komang langsung berangkat ke Semarang dengan pengawalan ketat pihak kepolisian.

"Saya masih ingat proses menuju pertandingan itu. Sekitar pukul 12.00, acara resepsi belum selesai. Tapi patwal yang mengawal ke Semarang sudah datang. Ya sudah, resepsi saya tinggal dan saya ke Semarang. Perjalanan dari Solo ke Semarang hanya satu jam saja. Dan hari itu kami menang atas PKT," jelasnya.

Status sebagai penggawa Timnas Indonesia membuat Komang harus berada di level teratas. Akhirnya, ia dan Agung Setyabudi hijrah ke Persebaya Surabaya, sembari menunggu PSIS kembali ke kompetisi teratas.

Hanya semusim di Surabaya, Agung dan Komang kemudian pulang ke Semarang setelah PSIS menjadi juara Divisi 1 dan balik ke kasta tertinggi.

"Cukup lama memang. Saat itu saya bertahan di PSIS sampai 2007, sebelum kemudian pindah ke Persema Malang, Persela Lamongan, sempat ke PSIS lagi, dan terakhir di Persis Solo," ucapnya.

Kini, ajakan untuk kembali ke PSIS dengan status sebagai pelatih kiper kembali datang. Akun Instagramnya diserbu ratusan suporter PSIS yang menginginkannya kembali. Namun keberadaan keluarga di Solo, serta keinginan membantu Persis ke Liga 1 membuat dia tak bisa ke Semarang.

"Saat ini memang belum ada tanda tangan kontrak dengan Persis. Namun informasi terakhir saya tetap dipertahankan. Semoga saya bisa bantu meningkatkan kemampuan kiper Persis dan Persis lolos ke Liga 1. Bisa satu kasta bersama PSIS," tutup pelatih kiper Persis di Liga 2 musim lalu tersebut.

Persis rencananya akan memulai persiapan pada bulan Januari mendatang. Sebelum itu, Komang pilih pulang kampung ke Bali bersama keluarganya. Pekan ini dia juga melakoni laga reuni bersama mantan pemain dari Bali yang tergabung dalam tim Mitra Dewata. (Laporan Kontributor Nofik Lukman/Solo).

PSIS Semarang Persis Solo I Komang Putra
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.996

Bagikan