Kronologis Perjalanan Transfer Alexis Sanchez

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 23 Januari 2018
Kronologis Perjalanan Transfer Alexis Sanchez
Alexis Sanchez resmi menjadi pemain Manchester United. (Manchester United)

BolaSkor.com - Transfer Alexis Sanchez ke Manchester United sudah selesai. Begitu pula sebaliknya dengan Henrikh Mkhitaryan ke Arsenal. Kedua pihak sudah mengumukan secara resmi kepindahan kedua pemain.

Perjalanan transfer Alexis Sanchez menuju Manchester United terbilang berliku dan tak begitu mulus. Paling tidak butuh waktu sekitar 11-12 hari sebelum transfer selesai. Bahkan ada momen genting yang bisa saja menggagalkan transfer ini.

Berikut kronologis transfer Alexis Sanchez ke Manchester United.


Kamis 11 Januari

Manchester United terjun ke lomba memburu Alexis Sanchez. Saat itu Manchester City ada di depan dan optimistis bisa menggaet pemain asal Cile tersebut. Namun di satu sisi City juga masih ragu untuk mendatangkannya pada Januari atau akhir musim secara gratis. Pertarungan dua klub Manchester dimulai.


Senin 15 Januari

Di luar dugaan Manchester City mengakhiri ketertarikan mereka terhadap Alexis Sanchez. Manajer City, Pep Guardiola merasa transfer akan terlalu mahal bagi klub. Keputusan City mundur menjadikan Manchester United melaju sendirian. Sempat muncul kabar Chelsea ingin mencoba peruntungan.

Kamis 18 Januari

Arsene Wenger berbicara kepada media dan untuk pertama kalinya memberi konformasi kepindahan Sanchez ke Manchester United. Meski saat itu Wenger belum memastikan kapan Alexis Sanchez resmi menjadi pemain MU.

Kemudian beredar foto Sanchez sedang menuju tempat latihan Arsenal. Di sana Alexis Sanchez mengetahui dirinya "dibekukan" dari tim utama. Sanchez pun hanya berlatih dengan tim muda Arsenal.

Jumat 19 Januari

Sanchez kembali bisa berlatih dengan tim utama Arsenal. Dia terlihat menikmati suasana latihan. Sanchez bahkan masih masuk dalam daftar 19 nama yang akan tampil melawan Crystal Palace.

Namun pada Jumat malam, Sanchez menerima telepon. Pada perbincangan itu Sanchez mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan setimnya. Setelah itu Sanchez meninggalkan hotel tim pada pukul 11 malam waktu setempat.

Sepanjang hari ini ternyata pihak Manchester United dan Arsenal terus bernegosiasi. Di sini muncul penawaran Sanchez dan Mkhitaryan bertukar tempat tanpa adanya tambahan uang alias barter murni. Tawaran ini semula ditolak oleh Arsenal. Kedua pihak kesulitan menemukan titik temu, terutama soal perbedaan nilai kontrak.

Sabtu 20 Januari

Kabar soal perbincangan telepon saat Sanchez mengucapkan perpisahan kepada rekan setim sampai ke kubu Arsenal. Hasilnya Sanchez tak dimasukan dalam daftar pemain Arsenal.

Minggu 21 Januari

Sanchez memposting video di Instagram saat dirinya akan menaiki pesawat jet yang belakangan diketahui disewa oleh Manchester United.

Sanchez tiba di Manchester pada 12.55 siang dan langsung dibawa ke tempat latihan Manchester United di Carrington. Sanchez kemudian menjalani tes medis sekitar satu jam kemudian.

Transfer saat ini masih menggantung. Karena masih menunggu negosiasi kontrak dan tes medis Mkhitaryan. Kabarnya Mkhitaryan ingin menerima gaji paling tinggi di klub. Dan Arsenal akhirnya menawarinya gaji 200 ribu pound per pekan.

Saat ini semua sudah oke dan transfer sudah mendapatkan lampu hijau. Pada saat inilah beredar foto Sanchez mengenakan jersey Manchester United bernomor tujuh. Saat itu Sanchez memang sedang menjalani sesi foto yang akan dipakai saat acara perkenalan.

Senin 22 Januari

Pagi hari Sanchez meninggalkan Hotel Lowry di Manchester dan menuju Carrington sebelum ke Old Trafford. Alexis Sanchez kemudian bertemu dengan mantan manajer MU, Sir Alex Ferguson, yang sudah menunggunya. Saat menjadi manajer Ferguson sudah lama menginginkan Sanchez.

Siang harinya Sanchez tiba di kantor imigrasi di Liverpool. Dia bersama Henrikh Mkhitaryan datang untuk mengurus izin kerja.

Senin malam Manchester United mengumumkan secara resmi kedatangan Alexis Sanchez. Pada saat bersamaan Arsenal juga mengumumkan mereka sudah resmi mendapatkan Mkhitaryan.

Bursa transfer Alexis Sanchez Manchester United
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan