BolaSkor.com - Persija Jakarta menelan kekalahan telak 0-3 di laga pertama Grup H Piala AFC 2018. Kekalahan diperoleh dalam partai tandang di markas Johor Darul Ta'zim, Stadion Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos, Larkin, Rabu (14/2) malam.

Persija Jakarta takluk karena kurang bertaji di laga ini. Hal ini tak lepas dari kebugaraan dan absennya nama penting seperti Marko Simic.

Tiga gol Johor Darul Ta'zim ke gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa dibuat oleh Hazwan Bakri (29'), Jorge Pereyra Diaz (42'), dan Safawi Rasid (76').

Setidaknya ada lima fakta mencuat menyusul kekalahan Macan Kemayoran sebelum melakoni partai kandang melawan Tampines Rovers pada 28 Februari.

1. Kekalahan 0-3 dari Johor Darul Ta'zim merupakan kekalahan terbesar Persija Jakarta sejauh ini pada 2018. Macan Kemayoran sebelumnya hanya takluk 0-1 dari Persela Lamongan dan Kelantan FA serta 2-3 dari Bali United.

2. Kekalahan ini membuat Persija Jakarta sementara berada di dasar klasemen tanpa poin atau di bawah Tampines Rovers yang sebelumnya dikalahkan Song Lam Nghe An.

3. Ini merupakan laga pertama Persija di kompetisi Asia setelah terakhir terlibat pada 2001/02 ketika masih bernama Asian Club Championship. Persija juga menelan kekalahan di partai pertama atau leg pertama zona Asia Timur dari Kashima Antlers (1-4).

4. Kemenangan di partai pertama membuat Johor Darul Ta'zim mengulang tiga edisi sebelumnya, yakni 2017, 2016, dan 2015. Pada 2017, JDT melibas wakil Kamboja Boeung Ket Angkot di laga perdana, adapun pada 2016 menekuk klub Myanmar Ayeyawady United 8-1, sedangkan edisi sebelumnya menggilas klub India East Bengal.

5. Kemenangan membuat JDT berada di puncak klasemen karena unggul selisih gol dari Song Lam Nghe An.