Lionel Messi, Sang Raja El Clasico

Lionel Messi, Sang Raja El Clasico Bintang Barcelona Lionel Messi usai menjebol gawang Real Madrid di Santiago Bernabeu. (Zimbio)

BolaSkor.com - Setelah Barcelona mempermalukan Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/17), satu hal yang tak bisa dimungkiri, Lionel Messi adalah Raja El Clasico.

"Gelar" tersebut memang pantas disandang penyerang asal Argentina itu. Pasalnya tiap kali El Clasico datang Messi selalu menjadi pembeda. Dia selalu menjadi bintang yang paling gemilang di atas lapangan. Saat Messi ada, seorang Cristiano Ronaldo seperti menghilang ditelan bumi.

Pada duel El Clasico musim lalu di tempat yang sama, Messi mencetak gol kemenangan Barcelona di menit ke-93. Saat Ronaldinho mendapatkan applause dari publik Santiago Bernabeu, itu merupakan debut Messi pada El Clasico. Messi seakan dilahirkan untuk El Clasico.

Sabtu kemarin, sepakan penaltinya menjadi tusukan mematikan ke jantung Madrid. Gol itu juga sekaligus mengukuhkan statusnya sebagai Raja El Clasico dalam urusan membuat gol.

Gol pada Sabtu kemarin adalah yang ke-25 buat Messi dalam El Clasico, terbanyak sepanjang sejarah. Luar biasanya, 15 gol diciptakannya di depan publik Madrid. Di luar Camp Nou, Santiago Bernabeu menjadi arena paling subur menuai gol bagi Messi.

Kehadiran Messi langsung bisa dirasakan, termasuk lawan. Tak hanya koleksi golnya, sosok Messi selalu menonjol dalam El Clasico juga karena permainannya secara keseluruhan. Contohnya saja di sisi assist, Messi pun mencatatkan diri sebagai pemain dengan assist terbanyak di El Clasico dengan raihan 14.

Khusus El Clasico, tak ada lagi waktu untuk membandingkan Messi dengan Ronaldo. Lihat saja apa yang terjadi akhir pekan kemarin. Ronaldo sama sekali kehilangan sinar, meski laga digelar di bawah terik matahari.

"Kekuasaan" Messi di El Clasico sudah dimulai sejak dia membuat hat-trick pada Maret sepuluh tahun silam. Dari 38 laga El Clasico yang dilakoni, Messi sukses memenangkan 18 laga. Bandingkan dengan Ronaldo yang hanya menang delapan kali.

Tentu saja hasil laga tak hanya karena seorang Messi, melainkan tim secara keseluruhan. Kedua kubu pun sudah melakukan hal maksimal dengan skuat terbaik mereka. Namun, Barcelona memiliki satu hal lebih yang tak dimiliki Madrid, Lionel Messi, Raja El Clasico.

Leave a Comment